Jokowi Open House di Istana, Prabowo Salat di Hambalang

JawaPos.com – Momentum Idul Fitri kerap djadikan sebagai momentum saling berilaturahmi dan memaafkan semua lapisan masyarakat. Tak terkecuali tokoh-tokoh penting di republikn ini yang biasa menggelar open house, seperti capres dan cawapres 01 dan 02.

Misalnya saja, Capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) mengawali harinya dengan memilih Salat Idul Fitri di salah masjid di kawasan Jakarta. Namun, bukan Masjid Istiqlal. Di mana tempatnya masih belum diketahui.

“Mungkin di masjid kecil, masjid kampung maksudnya,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada awak media, Selasa (4/5).

Setelah itu Jokowi akan melakukan open house di Istana Presiden. Heru mengatakan acara itu dilakukan mulai dari pukul 10.00-12.00 WIB. Untuk mengumpulkan peserta open house ada beberapa tahapan yang telah disipakan oleh panitia.

Pertama masyarakat yang ingin halalbihalal dengan Presiden Jokowi dikumpulkan di Monas dengan tenda ber-AC. Secara bertahap diangkut dengan membawa kendaraan menuju Istana Presiden.

“Kami sewa 10-15 bus ukuran 3/4 untuk hilir mudik peserta. Jadi nanti masuk Sekneg di Istana sudah steril,” katanya.

Pihak protekoler juga ?mengimbau masyarakat tidak membawa barang-barang yang besar dan tidak perlu. Misalnya tidak membawa ransel. Cukup hanya membawa tas kecil.

“Itu untuk mempermudah dan mempercepat sterilisasi. Minum dan makanan juga disiapkan, setelah salaman dengan Bapak Presiden disiapkan sarapan pagi,” ungkapnya.

Sementara pasangan Jokowi, Ma’ruf Amin, juga tidak berlebaran di Ibu Kota. Setelah menunaikan Salat Idul Fitri, dia langsung bertolak ke Istana Negara menemui Presiden Jokowi untuk berlebaran. Setelah itu langsung ke pesantrennya di Serang, Banten.

?”Enggak ada (open house), Jadi dari istana mau langsung ke pesantren An Nawawi di Serang, Banten,” ujar Edy salah satu staf Ma’ruf Amin saat dihubungi.

Edi menuturkan, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif ini baru bisa menggelar open house atau halalbihalal setelah tanggal 8 Juni ini. Dia akan mengundang banyak orang untuk berlebaran bersama dengannya.

“Di Jakarta mungkin setelah tanggal delapan,” katanya.

Sementara itu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto lebih memilih memberikan kesempatan kepada seluruh staf, kader, simpatisan, dan relawan untuk berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa tersebut.

Karena di tahun ini kebetulan Pak yang merupakan Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu tidak menggelar open house atau silahturahmi secara terbuka pada tahun ini.

“Pak Prabowo memberikan kesempatan kepada seluruh staf, kader, simpatisan, dan relawan untuk berkumpul bersama keluarga dihari yang istimewa ini, karena itu Pak Prabowo tidak menggelar acara open house pada tahun ini,” ungkap Kepala Prabowo-Sandi Media Center, Ariseno Ridhwan.

Dalam melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri, rencananya Prabowo Subianto akan beribadah bersama masyarakat sekitar di masjid yang ia bangun di kawasan Hambalang, Bogor yakni Masjid Nurul Wathan.

“Kita meminta kepada rekan-rekan media untuk tidak meliput kegiatan salat tersebut, karena tidak elok ini sifatnya ibadah, biar semua bisa salat dengan khusyu,” jelas Ariseno.

Sementara untuk Sandiaga Uno, Ariseno menjelaskan, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini merayakan hari raya Idul Fitri di Amerika Serikat bersama dengan keluarganya.

“Kami juga menyampaikan pesan dari Pak Prabowo Subianto dan Pak Sandiaga Uno untuk menyampaikan selamat merayakan hari raya idul Fitri 1440 H bagi seluruh umat Islam di Indonesia maupun di dunia yang merayakan, selamat berkumpul dengan keluarga, jadikan momen lebaran untuk terus mempererat tali silaturahmi,” tuturnya.

Selain itu, Presiden ke-5 yang juga Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri juga akan menggelar open house di kediamannya Jalan Tengku Umar, Jakarta. Acara halalbihalal itu dimulai sekira pukul 09.30 WIB.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono