Jokowi-Ma’ruf Amin Kuasai Pemilih Pemula dan Muslim | JawaPos.com

Jokowi-Ma'ruf Amin Kuasai Pemilih Pemula dan Muslim | JawaPos.com

JawaPos.com – Suara pemilih pemula (Gen Z dan Milenial) dan pemilih muslim akan menjadi rebutan di Pilpres 2019 mendatang. Baik kubu Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga dibutuhkan untuk mempersiapkan strategi jitu untuk merebut hati ceruk pemilih tersebut.

Founder Alvara Research Center (ARC) Hasanuddin Ali memaparkan, pemilih pemula saat ini memiliki suara mayoritas yakni sebesar 52 persen suara di Pilpres 2019 mendatang. Sedangkan pemilih muslim saat ini memiliki suara sebesar 87,6 persen.

Di generasi Z yang berkisar umur 17-22 tahun, Jokowi-Ma’ruf masih mengungguli rivalnya dengan perolehan 45,9 persen, sedangkan Prabowo-Sandi hanya sebesar 40,1 persen. Sementara itu yang belum menentukan pilihan sebesar 14 persen.

Di samping itu, pada generasi milenial yang berkisar umur 22-27 tahun juga Jokowi-Ma’ruf masih mengungguli Prabowo-Sandi. Yakni, 52,3 persen berbanding 36,3 persen suara dan yang belum memilih sebesar 11,4 persen.

“Pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin masih unggul di semua kelompok Usia. Namun pada pemilih Gen Z,
margin keunggulannya tidak terpaut jauh,” kata Hasan dalam paparannya di Hotel Oria, Jakarta, Minggu (26/8).

Lebih lanjut, Hasan menyebutkan dalam suara pemilih muslim, pasangan Jokowi-Ma’ruf juga masih ungguli rivalnya. Mereka meraup sebesar 52,2 persen suara pimilih muslim, sedangkan Prabowo-Sandi hanya mendapatkan sebesar 36,3 persen suara. Sementara itu yang belum menentukan sebesar 11,4 persen.

“Pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin saat ini lebih unggul dibanding Prabowo-Sandi pada pemilih muslim dengan margin hampir 16 persen,” pungkasnya.

ARC melakukan survei pada 12-18 Agustus 2018. Riset menggunakan multistage random sampling dengan melibatkan 1500 responden berusia 17 tahun ke atas. Sampel diambil di seluruh provinsi Indonesia. Margin of error 2,53 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(aim/JPC)