Jokowi Janji Tol Mapan Rampung 2018

MALANG KOTA – Sementara Wali Kota Malang Moch. Anton mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung pemerintah pusat untuk merealisasikan pembangunan tol.

”Beberapa hari lalu saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir di Kota Malang, kami sempat menyampaikan harapan percepatan revolusi transportasi. Baik itu tol dan juga bandara,” ujar Anton.

Menurut Anton, Presiden Jokowi telah menyampaikan bahwa ruas tol Mapan menjadi satu di antara lima ruas tol yang bakal selesai pada 2018.

Menurut data yang dihimpun koran ini, ruas tol Malang–Pandaan memiliki panjang 38,688 kilometer dan terbagi dalam tiga bagian. Bagian I Kabupaten Pasuruan sepanjang 16,613 kilometer; Bagian II Kabupaten Malang sepanjang 21,45 kilometer; dan Bagian III Kota Malang sepanjang 0,625 kilometer. Ruas tol Mapan diperhitungkan memerlukan investasi Rp 5,97 triliun dengan biaya pembebasan lahan Rp 1,35 triliun.

Pembangunannya sendiri dibagi dalam lima seksi. Seksi 1 Pandaan, seksi 2 Purwodadi, seksi 3 Lawang, seksi 4 Pakis, dan seksi 5 Cemorokandang. Rencananya, tol tersebut akan bersinggungan dengan jalan arteri Surabaya–Malang di kawasan Pandaan dan Purwosari. Jumlah interchange jalan tol tersebut ada lima titik, yakni di Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Kecamatan Lawang, Pakis I dan Pakis II di Kabupaten Malang, serta Madyopuro Kecamatan Kedungkandang.

”Setelah tol ini jadi, percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Malang Raya, terutama Kota Malang, tentu akan sangat pesat,” tegasnya.

Nur Asik, salah satu warga RT 7, RW 04, Kelurahan Cemorokandang, yang rumahnya tepat di sebelah area tol, menyatakan, pembebasan lahan sudah dilakukan sejak tahun lalu. Warga yang menempati lokasi pembebasan lahan pun sudah mengosongkan rumahnya sejak lama.

Totalnya, ada sekitar 10 rumah yang dikosongkan dalam tahap awal pembangunan tersebut. ”Memang tidak ada permasalahan di sini dan banyak warga yang setuju,” katanya.

Pewarta: Nurlayla Ratri & Bahrul Marzuki
Penyunting: Abdul Muntholib
Foto: Bayu Eka