Jokowi Disebut Akan Hapus Pelajaran Agama, Menag: Tidak Mungkin

JawaPos.com – Dalam sebuah video, seorang ibu menuding Calon Presiden-Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin akan menghapus pelajaran agama di sekolah. Hal itu lantas ditanggapi Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Lukman menegaskan, pelajaran agama di sekolah tidak mungkin dihapus. “Tidak benar sama sekali. Tidak mungkin menghapuskan pelajaran agama di bumi Nusantara ini,” kata Lukman Hakim usai menghadiri acara Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Rabu (6/3).

Dasar negara Indonesia merupakan Pancasila. Sila pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Kemudian sila lainnya merupakan nilai-nilai agama. Jadi sangat tidak mungkin pelajaran agama dihapus. Sebab Indonesia sangat agamis. Selain itu, rakyatnya juga merupakan umat beragama.

“Sila pertama adalah berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa. 4 Sila yang lain, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial. Itu semua adalah nilai-nilai agama. Jadi Indonesia yang hakekatnya adalah negara yang sangat agamis karena semua warga negara adalah umat beragama,” ucap Lukman.



Sebelumnya dalam video berdurasi 45 detik, seorang ibu berdialog dengan dialek Bugis Makassar mengajak masyarakat untuk tidak memilih Jokowi- Ma’ruf Amin. Sang ibu menuding pasangan nomor urut 01 itu akan menghapuskan pelajaran Agama di sekolah jika terpilih di Pilpres 2019.

Editor           : Sofyan Cahyono

Reporter      : Ridho Hidayat