Jersey Klasik Warnai Musim Baru NBA

RADARMALANGID – Selasa, 22 Oktober 2019, National Basketball Association (NBA) musim 2019-2020 resmi dimulai.

Musim ini, pesta olahraga basket Amerika paling bergengsi di dunia tersebut memasuki penyelenggaraan ke 74. Total ada 30 tim yang akan beradu dalam 82 pertandingan hingga masuk babak final pada Juni 2020.

Dari beberapa minggu lalu, satu persatu tim NBA telah merilis jersey Nike terbaru mereka untuk menyambut season 2019-2020. Dilansir dari laman NBA, beginilah rupa desain seragam tanding beberapa tim dari wilayah timur (eastern conference) dan barat (western conference).

New York Knicks – Indiana Pacers – Milwaukee Bucks

Terinspirasi dari perjuangan dan kekuatan kota serta tim, jersey milik New York Knicks mempertemukan desain klasik dan modern. Yakni garis putih-orange beserta logo New York khas Knicks dan warna biru yang ‘bold’.

Kali ini tak ada kata ‘Pacers’ pada jersey Indiana Pacers. Namun, dari warna emas terang dan garis yang melintang dari dada ke pinggul menampilkan kembali ciri khas kostum Pacers yang populer di masa lalu.

Ikon Rusa terpasang ditengah jersey untuk menegaskan statement Milwaukee Bucks, ‘Fear the Deer’. Garis hijau, biru, dan krem atau pelangi ‘The Cream City’ terbentang di bagian dada merepresentasikan area Milwaukee yang berwarna.

Chicago Bulls – Brooklyn Nets – Philadelphia 76ers

Desain garis yang ikonik di tahun 90an dihadirkan kembali oleh The Bulls. Sentuhan modern dan canggih ditampilkan dengan garis vertikal yang timbul di jersey berwarna hitam dengan orname merah khas Bulls ini.

The Nets menggandeng desainer asal Brooklyn, Eric Haze, untuk jersey berwarna abu-abu ini. Haze menggambar logo ‘BKLYN’ yang ada di tengah kostum , tak lupa menambahkan logo bintang yang menjadi ciri khas Haze di sisi kiri.

Philadelphia 76ers kembali ke tahun 1970 untuk jersey bertuliskan ‘Seventy Sixers’ ini . Berwarna putih dengan borderline merah dan biru yang klasik, desain ini pernah dikenakan The Sixers pada musim 1970-71.

Charlotte Hornets – Cleveland Cavaliers

Pernah muncul pada musim 1994-1995, Charlotte Hornets kembali menggunakan seragam ungu ikonik di anniversary-nya yang ke 25. Label ‘CHA’ di tengah jersey merupakan singkatan yang diberikan NBA untuk The Hornets.

Kombinasi warna hitam dan biru laut merupakan jersey klasik The Cavaliers yang digandrungi para fans. Debut pada musim 1994-1995, seragam ini akan dirilis ulang saat pertandingan pembuka Sabtu, 26 Oktober 2019.

Phoenix Suns – Golden State Warriors – Utah Jazz

Warna oranye menyala dipilih The Suns untuk statement jersey musim ini. Bukan tanpa alasan, Phoneix Suns dikenal dengan sebutan ‘Planet Orange’. Tak lupa gambar bola basket dan sinar matahari yang ikonik turut disertakan di bagian dada.

Ada 6 desain seragam baru yang dirilis The Warriors. 4 jersey dengan warna kombinasi putih, biru, dan kuning, 1 jersey berwarna hitam, dan 1 jersey putih. Menampilkan gambar jembatan Golden Gate di San Fransisco, basis wilayah Golden State Warriors

Setelah absen 15 tahun, The Jazz kembali menggunakan seragam ungu dengan gambar gunung yang ikonik. Logo ‘Jazz’ berdesain 90an nampak di bagian depan, gambar butiran salju di sabuk, lalu garis berwarna putih hijau dan tembaga di pinggiran jersey.

Memphis Grizzlies – Oklahoma City Thunder – Portland Trail Blazers

Menyambut musim ke 25, The Grizzlies merilis 2 desain klasik untuk mengenang hari–hari pertama tim di Vancouver dan Memphis. Seragam tosca dengan logo Vanvouver Grizzlies dan tulisan ‘Memphis’ di jersey berwarna hitam.

The Thunder meluncurkan 4 jersey baru hasil kerjasama dengan Oklahoma City National Memorial & Museum. Hadir dalam warna putih, biru, dan merah, seragam ini dibuat sebagai peringatan 25 tahun bom di gedung Alfred P. murrah di Oklahoma City.

Untuk merayakan ulang tahun Portland Trail Blazers yang ke 50, desain jersey di tahun 1977 ini akan muncul kembali. Dengan tanda ‘Blazers’ yang khas diatas warna merah dan garis putih di sisi seragam.

Houston Rockets – Sacramento Kings

Terdapat 3 jersey baru yang diusung The Rockets. 2 jersey berwarna merah dan putih menggunakan font ‘Rockets’ baru. Sedangkan 1 lagi merupakan replika seragam di musim 1994-1995 saat Houston Rockets jadi juara berturut-turut.

The Kings akan merayakan ulang tahun ke 35 mereka dengan seragam klasik yang pernah dikenakan pada tahun 1991 hingga 1994. Jersey berwarna royal blue tersebut menampilkan logo ‘Kings’ warna putih yang ikonik.

Penulis : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa

Editor : Indra M