Jepang Akan Investasi di Beberapa Sektor Ini

Jepang Akan Investasi di Beberapa Sektor Ini - JPNN.com

Sabtu, 11 Januari 2020 – 05:00 WIB

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Motego Toshimitsu di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Foto: ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi

jpnn.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu. Pertemuan dilakukan guna membahas lebih jauh rencana investasi Negeri Sakura ke Indonesia.

Menurut Luhut, Jepang berencana untuk menanamkan modalnya di Natuna, baik untuk sektor perikanan dan pariwisata hingga ikut memperkuat Badan Keamanan Laut (Bakamla).

“Kita konkretkan dan melanjutkan rencana investasi mereka di Pulau Natuna dan sekitarnya yang ada gas itu,” kata Luhut usai pertemuan di Jakarta, Jumat (10/1).

Di Natuna, Jepang akan berinvestasi di sektor perikanan budi daya, perikanan tangkap, hingga pariwisata

Selain investasi di Natuna, keduanya juga memebicarakan rencana pembangunan hydro power di Kalimantan Utara dan soal sampah.

Luhut menyebut bukan hanya Jepang yang akan menanamkan modal di Natuna, tetapi juga Amerika Serikat melalui US International Development Finance Corporation (DFC) atau bank pembangunan Amerika.

“Adam Boehler dari DFC juga mau masuk ke situ dan joint dengan Jepang,” katanya.

Selain soal investasi, pertemuan itu juga membahas soal coast guard atau Badan Keamanan Laut (Bakamla).