Jenazah Ustad Arifin Ilham Disambut Takbir dan Tangis Ribuan Jamaah

JawaPos.com – Jenazah Ustad Arifin Ilham telah tiba di tanah air dan langung disambut zikir, takbir masyarakat yang sudah menanti sang dai kondang itu. Isak tangis santri jamaah pun pecah di Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor. Jenazah tiba dari Malaysia ke Bogor pukul 17.00 WIB, Kamis sore (23/5). Begitu tiba, jenazah langsung dimandikan.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, tampak ribuan jamaah ikut menyolati jamaah yang sudah menunggu sejak pagi. Setelah salat Magrib dan buka puasa, jenazah Ustad Arifin Ilham langsung diberangkatkan menuju Masjid Az Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, sekaligus untuk disemayamkan.

Para jamaah di seluruh pondok pesantren juga diimbau untuk melakukan salat gaib mendoakan sang ustad. Jenazah Ustad Arifin Ilham juga disalatkan hingga dua kali. Pertama, di Masjid Az-Zikra Sentul dan Masjid Az-Zikra Gunung Sindur.

“Insya Allah dimakamkan di Komplek Pesantren Gunung Sindur, sebagaimana wasiat beliau,” ujar Ustad Muslih yang merupakan asisten Ustad Arifin Ilham.



Jamaah begitu sabar menanti kedatangan jenazah dan rela berdiri hingga berjam-jam. Ketika datang, semuanya berdesakan untuk mengabadikan momen duka saat jenazah berada di depan ribuan jamaah untuk disalatkan.

“Saya jauh dari Banten, dan saya bela-belain untuk melepas kepergian almarhum, guru kita semua,” kata salah satu jamaah, Rohimah sambil terisak.

Doa dari Aa Gym

Sebelum jenazah tiba, diputarkan pula rekaman suara (voice note) dari penceramah Abdullah Gymnastiar atau dikenal dengan Aa Gym. Dalam rekaman tersebut, Aa Gym menyebut Ustad Arifin Ilham adalah sosok yang selalu bisa menjadi inspirasi untuk semua umat. Dia juga meminta agar berpulangnya Ustad Arifin Ilham sebagai cerminan untuk penambah keimanan tentang kematian.

“Guru kita telah kembali ke pencipta. Sahabat dan adinda selalu menjadi jalan inspirasi. Semoga wafatnya beliau benar-benar terkabul atas kerinduan dan untaian cinta almarhum selama ini kepada Allah. Tak ada yang mencintai hamba-Nya kecuali pencipta-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, nikmat dan ketaqwaan dan keistiqomahan. Dan kita semua siap kapanpun menghadapi kematian,” ujar Aa Gym.

Ustad Arifin Ilham tutup usia pada Rabu malam (22/5) karena melawan penyakit kanker getah bening stadium IV. Kabar duka itu dikabarkan melalui media sosial anaknya dan juga istrinya di WhatsApp grup keluarga.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani