Jembatan Pendem Mendadak Gemerlap

KOTA BATU – Tidak hanya jembatan Soekarno-Hatta, Kota Malang, yang terlihat gemerlap oleh lampu warna-warni. Kini, jembatan Pendem di Jalan Drs Moh Hatta, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, juga terlihat gemerlap di malam hari. Jembatan dengan panjang sekitar 75 meter tersebut terlihat atraktif dengan lampu sorot warna-warni.

”Jembatan tersebut memang kami buat menarik,” kata Arief As Siddiq, kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu kemarin. Warna-warni lampu, dia menjelaskan, sudah disetel dengan timer. Sehingga, secara otomatis saat sore hari akan menyala dan saat pagi menjelang, lampu akan padam. ”Waktu menyalanya otomatis, saat pukul 17.30 menyala, padamnya pukul 05.00 seperti penerangan jalan umum (PJU),” ungkap mantan kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu ini.

Warna-warni lampu jembatan tersebut, dia menjelaskan, menguatkan image Batu sebagai Kota Pariwisata. ”Nantinya jembatan lainnya juga kami buat seperti yang ada di Pendem,” terang Arief. Seperti jembatan Kali Lanang, akan diberi lampu warna-warni tahun depan. ”Nanti juga akan ada tulisan selamat datang, masuk Kota Wisata Batu,” tandasnya.

Sayangnya, gemerlap lampu di jembatan Pendem tersebut terlihat dipenuhi atribut parpol peserta pemilu. Praktis, warga masih akan berpikir dua kali untuk menjadikan jembatan tersebut sebagai spot foto di malam hari.

Pewarta: Aris Dwi
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Darmono