Jelang Verifikasi Faktual, KPU Hanya Akui Hanura Kubu OSO

Jelang Verifikasi Faktual, KPU Hanya Akui Hanura Kubu OSO

“Pastinya kami hanya mengacu pada SK yang diterbitkan Kemenkumham,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Menteng, Jakarta, Sabtu (27/1). 

Artinya, jika ada SK baru dengan Oesman Sapta Odang (OSO) menjadi ketua dan Herry Lontung sebagai sekjen Partai Hanura, kepengurusan itu lah yang akan disidak oleh KPU. 

“Kalau itu disampaikan atau sudah diterbitkan SK Kumhamnya, ya itu jadi acuannya,” tukas Arief.

Diketahui, selain kepengurusan OSO ada juga Hanura kepengurusan Daryatmo dengan sekjen Sarifuddin Sudding. 

Sekadar informasi, KPU bakal melakukan verifikasi faktual secara serentak. Mulai besok, 28 Januari hingga 30 Januari 2017, mereka akan mendatangi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dari dua belas partai politik yang lolos pada Pemilu 2014. 

Adapun hal tersebut menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa semua parpol peserta Pemilu 2019 harus diverifikasi. 

Selain di tingkat pusat, pada hari yang sama dan jadwal yang sudah ditentukan itu, KPU juga menerjunkan tim untuk melakukan verfifikasi kepengurusan parpol di tingkat provinsi. 

Lalu pada 30 Januari sampai 1 Februari 2017, KPU secara serentak akan melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan keenam belas parpol peserta Pemilu 2019 di tingkat kabupaten/kota. 

Arief mengatakan, dalam melakukan verifikasi faktual itu, KPU akan bersinergi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).


(dna/JPC)