Jelang Pionir IX, Persiapan UIN Malang Capai 60 Persen

KOTA MALANG – Jelang Pembukaan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX pada 15 Juli 2019 mendatang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim,(UIN Maliki) sebagai tuan rumah kini semakin giat mengebut berbagai persiapan.

Diantaranya mempersiapkan lapangan utama untuk acara pembukaan, menyelesaikan rekap nama peserta kompetisi, hingga perbaikan di venue-venue perlombaan seperti di ruang-ruang kelas dan lapangan UIN Pascasarjana.

“Secara keseluruhan bisa dikatakan persiapan (dari pendaftaran, venue, acara pembukaan) sudah sampai 60 persen. Pendaftar yang masuk saat ini 3400-an masih ada yang belum masuk datanya, targetnya data masuk 3700-an peserta,” terang Penanggungjawab pendaftaran peserta PIONIR IX, Fahudi S.Kom.

Hingga pukul 10.00 tadi peserta PIONIR IX dari 36 cabang kompetisi terkumpul 3456 pendaftar. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia (PTKIN) paling banyak mendaftarkan kontingen pada cabang Musabaqoh Tilawatil Quran, yakni hingga kini tercatat 50 PTKIN dari total 58 PTKIN se-Indonesia.

“Pendaftaran by name (identitas peserta) akan berlangsung sampai pukul 23.59 nanti. Saat ini sudah 90 persen lah, hampir selesai untuk urusan pendaftaran,” tambahnya.

Sementara dari pantauan radarmalang.id, hari ini (14/6) lapangan utama diantara Gedung B dan C yang akan dijadikan sebagai tempat pembukaan nanti tengah di renovasi. Tampak alat berat menggali tanah dan melapisi lapangan dengan lapisan semen yang baru.

“Ini kita renovasi, kita plester lapangannya untuk pembukaan. Targetnya sudah selesai 10 Juli nanti,” sambung dia.

Sedangkan untuk persiapan acara pembukaan, saat ini menurutnya rundown belum final. Laporan rangkaian acara, progress peserta, hingga venue saat ini tengah dilakukan perwakilan UIN Maliki Malang ke Kantor Kementrian Agama Republik Indonesia. Yakni Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag; Wakil Rektor 2, Dr. Ilfi Nur Diana, M.Ag; Wakil Rektor 3, Drs. Isroqunnajah, M.Ag; dan Kabag Kemahasiswaan, Abdul Aziz, M.Pd.

“Mereka berangkat dini hari tadi melaporkan progress ke Jakarta. Untuk acara pembukaan juga rundownnya ini sedang dikonsultasikan dengan pak menteri,” bebernya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia