Jelang Pilkades Serentak di Kota Batu, Bakal Calon Digembleng

KOTA BATU – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar 13 Desember mendatang di Kota Batu, belasan bakal calon kepala desa jalani seleksi tulis dan wawancara di Balai Kota Among Tani, Kamis (22/11).

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menyampaikan ada 17 peserta calon kepala desa yang digelar di tiga desa yakni Desa dan semuanya di kecamatan Junrejo Kota Batu. Diantaranya Desa Tlekung 2 calon, Pendem 4 calon, dan Mojorejo 7 calon. Dua diantara calon kepala desa tersebut ‘incumbent’ yakni dari Desa Pendem dan Mojorejo.

“Ada 17 peserta yang mengikuti seleksi tulis dan wawancara. 2 diantaranya incumbent yakni Triyuwono Effendy dari desa Pendem, dan Suwarno dari desa Mojorejo,” ujarnya.

Selain tes wawancara, semua peserta harus menjalani tes tulis dengan 3 tahapan. Diantaranya multiple choice, essay, dan membuat visi misi yang selaras dengan visi misi Kota Batu.

“Ada 3 tahapan tes tulis. Untuk multiple choice mengenai wawasan kebangsaan, essay mengenai pemerintahan desa, dan membuat visi misi yang sesuai dengan Kota Batu yakni ‘Desa Berdaya Kota Berjaya,” imbuhnya.



Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Kota Batu Dyah Liestina mengungkapkan jika hasil dari seleksi ini akan diumumkan pada 27 november mendatang. “Ketika sudah dilihat dari hasil administrasi, tes tulis dan wawancara jika sesuai jadwal tanggal 27 november sudah bisa diumumkan,” katanya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina