Jelang Pemberangkatan Mahasiswa KKN, Begini Pesan Rektor Unikama

KOTA MALANG – 1490 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mendapatkan pembekalan di Aula Sarwakitri pagi tadi (25/6). Mereka nantinya akan diberangkatkan pada 15 Juli ke tiga kecamatan di Kabupaten Malang bagian selatan.

“Mereka akan mengabdi ke masyarakat di tga kecamatan yaitu Sumbermanjing Wetan, Ampel Gading, dan Tirtoyudho,” papar Rektor Unikama Dr. Pieter Sahertian M.Si.

Sementara, mahasiswa kelas karyawan akan melakukan KKN di kawasan Singosari dan Lawang. Pieter menjelaskan, mahasiswa Unikama diharapkan tidak melihat warga desa sebagai individu yang awam karena dewasa ini desa telah ikut berkembang di era digitalisasi.

Bahkan menurut rektor periode 2017-2021 ini, penduduk desa banyak yang beralih ke Kota sehingga mahasiswa Unikama harus datang dengan kerendahan hati dan berdiskusi atas apa yang bisa dilakukan oleh mahasiswa Unikama.

“Karena dengan tema KKN peningkatan kualitas sumber daya manusia pembangun bangsa ini merupakan wujud dari simbiosis mutualisme antara mahasiswa dan masyarakat dan bukan mahasiswa yang memberikan masyarakat,” jelas Pieter.



Ia menambahkan oleh sebab itulah mahasiswa juga harus belajar mengenai sendi kehidupan dan berkonstribusi dengan masyarakat dengan kesesuaian bidang yang dimiliki.

“Harapan kami sendiri semoga mahasiswa Unikama bisa mendorong perkembangan masyarakat desa dan masyarakat desa bisa memberikan pengalaman dan nilai moral maupun sosial pada mahasiswa kami,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Humas Universitas Kanjuruhan Malang
Penyunting: Fia