Jelang Nataru, Stok Sembako di Malang Aman, Tapi…

Wali Kota Malang Sutiaji saat sidak di Pasar Induk Gadang, Rabu (11/12).

KOTA MALANG – Biasanya, sejumlah bahan kebutuhan pokok akan berkurang stoknya, bahkan habis menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Tapi untuk tahun ini, Pemkot Malang memastikan bahwa stok berbagai kebutuhan pokok itu aman.

Ini setelah Wali Kota Malang Sutiaji beserta jajarannya melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke sejumlah pasar. Mulai dari Pasar Besar Malang, hingga Pasar Induk Gadang.

Dalam agenda sidak ini, Sutiaji mengecek langsung bahan bahan pokok seperti telur, ayam, daging, hingga beras.

“Kalau dari sisi ketersediaan tercukupi, kecuali bawang merah sama telur. Telur pun ketersediaan ya cukup, cuman harganya masih tinggi karena permintaan banyak,” papar Wali Kota Malang, Drs Sutiaji, Rabu, (11/12).

Pria berkacamata ini turut menyatakan walau stok aman, harga bahan pokok akan cenderung fluktuatif jelang nataru. Walaupun tidak begitu signifikan.

Terbukti, harga tepung dan gula di pasar tercatat masih stabil dan stoknya aman. “Termasuk cabai, stabil di Rp 24 ribu sampai Rp 25 ribu per kilogram. Harga ayam juga turun dulu Rp 37 ribu per kilo sekarang Rp 32 ribu. Tadi justru yang naik bawang dan tomat,” katanya.

“Kebutuhan pokok jelas fluktuatif (harganya) naik, karena natal dan tahun baru pasti banyak masyarakat yang membuat kue,” tukas Wali Kota Malang, Sutiaji ditemui di sela kunjungan ke Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Malang, daerah Gadang, Kota Malang.

Selain sidak ke pasar, Sutiaji juga mendatangi Gudang Bulog, hingga Fuel Terminal Malang Pertamina.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Rubianto

Editor : Indra M