Jelang Nataru, RSUD dr. Soetomo Siapkan 70 Dokter On Call

JawaPos.com – Jelang libur Natal dan Tahun Baru, RSUD Dr. Soetomo melakukan pelbagai persiapan. Salah satunya, terkait ketersediaan obat, kesiapan manajemen, dan tenaga medis.

RSUD Dr. Soetomo menyiapakaan sebanyak 200 tenaga medis, stok obat-obatan hingga Januari 2019, dan kondisi infrastruktur dasar. Sebanyak 70 dokter diantaranya akan siap on call.

Direktur RSUD Dr. Soetomo Joni Wahyuhadi mengatakan, pihaknya mengalokasikan semua tenaga medis 24 jam penuh. Mereka akan bekerja sesuai pembagian waktu (shift).

“Mulai pagi hingga sore, sore sampai malam, dan malam terus sampai pagi. Tapi memang, selama ini jarang terjadi, karena biasanya hanya menangani kondisi ekstrim,” kata Joni di RSUD Dr. Soetomo, Jumat (21/12).

Joni menjelaskan, kondisi ekstrim tersebut menyangkut hal-hal yang darurat. Misalnya, jika ada kasus keracunan massal pada jam-jam malam, dokter on call akan diberdayakan.

Selain itu, para manajemen rumah sakit juga menyiapkan diri. Joni mencontohkan, ada kalanya pihak rumah sakit kehabisan obat atau infus. Maka, pihak manajemen wajib menyediakan stok ibat dan infus.

Joni mengakui, pihak ya sedang mengalami masalah finansial terkait pengadaan obat-obatan dan alat medis lain. Meski demikian, dirinya optimis para perusahaan farmasi masih mempercayai institusinya dalam hal pengadaan obat-obatan.

“Ya terus terang, sebagian besar biaya pengadaan obat dari farmasi masih utang,” kata Joni.

Tak hanya layanan dokter on call. Joni juga menyatakan bahwa Instalasi Gawat Darurat juga siap melayani pasien. Menurutnya, masa liburan biasanya dipenuhi dengan pasien dengan masalah pencernaan dan penyakit akut lainnya.

“Misalnya, penyakit asma. Masyarakat yang punya penyakit asma, silahkan datang ke IGD,” terangnya. 

(HDR/JPC)