Jelang Nataru, Kereta Api Jakarta Malang Berangkat 4x Sehari

KOTA MALANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah jadwal pemberangkatan kereta api rute Malang – Jakarta dari dua kali sehari menjadi empat kali sehari. Rinciannya, Kereta Api (KA) Matarmaja 2x dan KA Gajayana 2x.

Pada kondisi normal, KA rute Malang – Jakarta untuk Matarmaja yang dikhususkan bagi penumpang ekonomi dan Gajayana yang menyasar kelas eksekutif masing-masing berangkat sekali sehari.

“Penambahan jadwal kereta rute Malang – Jakarta berlaku mulai 19 Desember hingga 1 Januari 2020,” rinci Kepala UPT Stasiun Malang, Iful Siswanto kepada radarmalang.id hari ini (2/12).

Iful menambahkan, kereta tambahan untuk Matarmaja akan berangkat dari Malang pada pukul 06.40 sementara jadwal regulernya, berangkat pukul 13.25. Sedangkan kereta Gajayana tambahan akan diberangkatkan pukul 19.30.

“Kereta Gajayana reguler berangkat pukul 09.00. Namun baik Matarmaja maupun Gajayana reguler, tiketnya sudah terjual habis hingga 1 Januari 2020,” rinci dia.

Menurutnya, penambahan jadwal tersebut merupakan upaya untuk mengantisipasi kenaikan trafik peningkatan volume penumpang di Stasiun Kota Baru yang tahun ini diprediksi tumbuh 8 persen dibandingkan 2018 lalu.

“Tiketnya Rp 230 ribu untuk Matarmaja dengan kapasitas 800 penumpang dan Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu untuk Gajayana yang berkapasitas 400 penumpang,” rincinya.

Ia menambahkan, tiket KA lain seperti Bima, Malabar, hingga Malioboro Express hingga saat ini masih tersedia. Namun tren menunjukkan ada kenaikan penjualan dari hari ke hari.

Pewarta : Bob Bimantara
Foto: Darmono
Penyunting: Fia