Jelang Natal, Sutiaji Tradisikan Safari Gereja

JawaPos.com – Wali Kota Malang Sutiaji bakal mentradisikan safari gereja dengan melakukan tinjauan ke beberapa gereja sebelum perayaan Natal mendatang. Kunjungan ke gereja-gereja tersebut sebagai wujud silaturahmi dan kebersamaan antar Pemerintah Kota Malang dan masyarakat, terutama sebagai bentuk toleransi kerukunan antar umat beragama.

Silaturahmi Wali Kota Malang dan Forkopimda Kota Malang ke gereja itu rencananya akan digelar pada hari Senin (24/12) besok.

“Kegiatan tersebut merupakan kunjungan yang akan kami lakukan agar kondusifitas di Kota Malang terus terjaga, sehingga saudara-saudara kita yang sedang merayakan Natal dapat beribadah dengan tenang dan khusyuk,” ujar Sutiaji saat audiensi dan Rapat Koordinasi antara Wali Kota Malang dengan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Malang, Minggu (23/12).

Dia menyampaikan, seperti halnya menjelang hari raya Idul Fitri, dimana dirinya selalu menggelar Safari Ramadhan, kini Sutiaji juga mentradisikan Safari ke gereja-gereja jelang perayaan Natal tahun 2018.

Sutiaji juga berpesan kepada FKUB Kota Malang agar terus meningkatkan peran sertanya mewujudkan kerukunan antar umat beragama di Kota Malang. “Berdasarkan data yang ada, menurut FKUB Provinsi Jawa Timur, Kota Malang menduduki peringkat pertama dalam rangka menjaga kondusifitas serta kerukunan antar umat beragama, sehingga hal itu harus terus kita pertahankan,” jelasnya.

Safari tersebut juga sebagai bentuk untuk menampis adanya pernyataan pelarangan perayaan Natal dalam surat edaran yang sempat viral. 

Sebelumnya, Sutiaji sempat mengungkapkan, dirinya akan turun langsung untuk mengecek keamanan di gereja-gereja pada momen Natal nanti. “Saya akan berkeliling pada momen Natal tahun ini, dalam sehari mengunjungi dua atau tiga gereja dulu. Karena ini adalah bagian yang tidak dipisahkan dari Kota Malang, sebagai bagian dari masyarakat Malang,” jelasnya. Hal itu diharapkan dapat memperkuat kondusifitas di wilayah Kota Malang. 

(fis/JPC)