Jelang Mudik, Dinkes Tes 100 Sopir

Dinkes bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine kepada para sopir di Terminal Arjosari kemarin (8/6).

KOTA MALANG – Momen mudik hingga arus balik Lebaran biasanya diwarnai dengan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas. Untuk meminimalisasi itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menggelar tes untuk para sopir di Terminal Arjosari.

Total ada 100 sopir yang mengikuti tes kesehatan selama dua hari ini, yakni mulai Kamis (7/6) hingga kemarin (8/6). Tes berlangsung mulai pukul 08.00–16.00.

Adapun tes kesehatan ini juga melibatkan instansi terkait. Di antaranya, Badan Narkotika Nasional (BNN), Polres Malang Kota, serta Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Lilik Sulastri, Kepala Bidang Keselamatan Kerja dan Olahraga Dinkes Kota Malang, tes kesehatan ini bertujuan untuk melihat apakah sopir itu layak atau tidak.

”Tahun sebelumnya ada beberapa yang tidak layak. Bahkan, positif narkoba. Tapi, alhamdulillah, tahun ini, rata-rata layak. Dan tidak ada yang positif narkoba,” kata Lilik.



Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Malang Linda Desriwati SKM menyatakan, pihaknya tak hanya menggelar tes kesehatan untuk para sopir.

”Tapi, kami juga mempromosikan tentang kesehatan kepada para sopir. Kami juga memberikan tip-tip,” ujar Linda.

Lebih lanjut Linda berharap agar kegiatan ini tak hanya digelar menjelang Lebaran, tapi juga pada momen lainnya. ”Harapan saya, ini bisa terlaksana dua kali dalam setahun atau tiap enam bulan sekali,” pungkas dia.

Pewarta: Moh Badar
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Moh Badar