Jelang Lebaran, Pengiriman Barang Via Pos Menurun Dibanding Tahun Lalu

Jelang Lebaran, Pengiriman Barang Via Pos Menurun Dibanding Tahun Lalu - JPNN.COM

jpnn.com, BATAM – Jasa pengiriman barang lewat Kantor Pos Cabang Batam, Kepulauan Riau, selama Ramadan lesu. Bahkan, jelang Lebaran pengiriman barang dari Pulau Batam ke luar daerah pun tidak mengalami peningkatan.

Wakil Kepala Perwakilan Operasi Kantor Pos Cabang Batam, Muhammad Rusdi mengatakan pengiriman barang dari Batam selama Ramadan normal.

Kondisi tersebut tak jauh berbeda dengan hari-hari biasa. Namun, jika dibandingkan Ramadan tahun lalu, hal itu jauh berbeda karena pengiriman meningkat.

Baca: Tiga Laga Tanpa Kemenangan, Posisi Djanur Terancam di Persebaya

“Ya kalau dibanding tahun lalu jelas beda. Sekarang normal saja, sama seperti hari biasa. Bisa dikatakan lesu,” ujar Rusdi di ruang kerjanya, Jumat (31/5).

Selama Ramadan, setiap harinya ada pengiriman 8 ton barang. Dibanding tahun lalu, hal ini jelas beda, karena pengiriman bisa mencapai belasan ton. “Sekarang pengiriman lancar setiap hari. Tak ada penumpukan. Karena hanya 8 ton sehari,” imbuh Rusdi.

Meski pengiriman berkurang, peningkatan terjadi pada barang yang datang. Dibandingkan hari normal, meningkat sekitar 15 persen. “Kalau barang yang datang meningkat,” ujar Rusdi.

Menurut dia, lesunya jasa pengiriman barang dari Batam diduga akibat kenaikan tarif. Kenaikan yang terjadi sejak awal tahun 2019, ternyata berimbas hingga Ramadan atau pertengahan tahun.