Jelang Arus Mudik, Pertamina Siapkan SPBU Modular di Ruas Tol Pandaan-Karanglo

KOTA MALANG – Terminal BBM Pertamina Malang akan meletakkan SPBU modular dan mobile dispenser di titik jalan tol Pandaan-Karanglo untuk melayani pengisian BBM. Hal ini dikarenakan ruas tol tersebut belum mempunyai rest area.

Hal ini disampaikan oleh Supervisor Receiving, Storage, and Distribution, PT Pertamina Terminal BBM Malang, Rachmatullah Adicahya Nugraha. Tangki tersebut akan memuat 8 KL perhari dimulai dari H-10 sampai H+10 Idul Fitri 2019. Titik KM lokasi belum bisa dibeberkan secara spesifik olehnya.

“Yang pasti nanti cuma ada di satu titik. Soalnya kan cuma di ruas Pandaan-Karanglo. BBM yang tersedia antara lain pertalite, pertamax, bio solar, dan dexlite. Jadi nanti kendaraan nggak perlu keluar exit tol untuk mengisi BBM,” beber dia.

Selain itu pertamina juga menyiapkan mobile storage di SPBU yang dekat dengan kawasan wisata seperti di Kota Batu. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan SPBU agar terus melaporkan stok sehingga tidak sampai terjadi krisis.

“Kami juga akan meminta bantuan polisi dan TNI untuk pendistribusian. Karena saat jelang lebaran pasti akan macet. Juga kami telah berkoordinasi dengan KAI untuk antisipasi kalau-kalau ada bencana longsor atau banjir agar diberi jalur alternatif,” tegasnya.



Sebelumnya diberitakan bahwa Pertamina memprediksi di wilayah Kota Malang akan ada kenaikan 11 persen konsumsi BBM dari konsumsi lebaran tahun 2018, kurang lebih 2400 KL menjadi kisaran 2700 KL perhari. Puncaknya mulai H-2 lebaran dengam prakiraan mencapai 2758 KL.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia