Jawa Pos yang Pertama Dapatkan Foto Pergantian Kvyat ke Gasly

Lantaran persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari, salah satu garasi Toro Rosso masih ditempeli nama dan foto Kvyat. Jawa Pos yang datang langsung ke Sepang sejak Rabu (27/9) mengamati proses peralihan identitas garasi Kvyat menjadi milik Gasly. Saat menyisir garasi tim peserta pada pukul 14.00, foto Kvyat masih terpampang di bagian atas garasi berdampingan dengan Carlos Sainz Jr.

Sejumlah kru Toro Rosso seperti biasa terlihat sibuk menata peralatan pit stop dan menyiapkan mobil. Jawa Pos bertanya kepada salah seorang kru, mengapa gambar Kvyat belum diganti. ”Belum, mungkin nanti sore,” kata kru tersebut.

Menurut dia, sejumlah pernak-pernik di dalam garasi mulai diganti. Namun, ada beberapa bagian yang memang tidak dipersiapkan tim, tetapi pihak sirkuit. Pukul 16.00 beberapa kru FIA mulai datang dengan sejumlah peralatan.

Hal pertama yang dilakukan adalah menutup nama Kvyat di pitlane dengan cat merah. Setelah cat mengering, sejam kemudian, para kru membentangkan cetakan dari kertas bertulisan nama Gasly. Cetakan itu dilabur dengan cat putih secara manual dengan menggunakan kuas. Kini pembalap 21 tahun tersebut resmi menjadi debutan F1 di Sepang.

Jawa Pos yang kembali untuk mengabadikan momen tersebut didatangi seorang kru. ”Sudah berapa lama Anda menunggu di depan sini (menunggu nama Kvyat diganti, Red)? Anda yang pertama mendapatkan foto ini,” ucap kru itu yang kemudian meminta foto-foto tersebut diunggah ke Instagram.

Kru itu menyatakan bahwa Gasly belum tentu lebih baik dari Kvyat. Juara Dunia GP2 2016 tersebut jelas belum merasakan sadisnya persaingan di kelas utama. Sementara itu, Gasly datang dengan membawa sponsor yang sedang dibutuhkan Toro Rosso.


(cak/c16/nur)