Serasa Pasar Apung di Banjarmasin

KOTA BATU – Ingin merasakan sensasi berbeda ketika mengunjungi Museum Angkut? Anda bisa menjajal wahana pasar apung. Seperti halnya destinasi pasar apung yang ada di Banjarmasin Kalimantan Selatan, Anda bisa melakukan sejumlah kegiatan lainnya. Seperti bertransaksi dengan penjual yang ada di sana. Anda juga bisa menikmati sajian tari tradisional dari atas perahu.
Operational Manager Museum Angkut Endang A. Shobirin mengakui jika wahana tersebut menjadi salah satu yang diminati wisatawan. ”Sekarang ini upaya kami untuk menghibur wisatawan semakin lengkap,” kata dia. Di dalam museum, wisatawan bisa melihat berbagai koleksi menarik. Mulai alat transportasi tradisional hingga modern. Jenisnya pun beragam.
Mulai dari transportasi darat, laut, dan udara. ”Untuk di museum yang baru ini, kami datangkan simulator F1,” tambah Endang. Penambahan koleksi baru memang menjadi prinsip pihak pengelola. Di awal tahun ini, ada koleksi mobil Chevrolet Chevelle SS 8200 cc yang didatangkan. Mobil yang memiliki daya 450 tenaga kuda dan torsi 745 Nm itu bukan koleksi sembarangan.
Karena sempat dipergunakan dalam film Fast & Furious. Selesai melihat berbagai koleksi di sana, varian lain bisa Anda pilih. Salah satunya pasar apung yang terletak sebelum pintu gerbang Museum Angkut. ”Sekarang ini ada pertunjukan tari tradisional di pasar apung, setiap hari pukul 15.00,” sambung Endang. Jenis tari tradisional yang disajikan pun beragam. ”Ada tari topeng Malangan yang bercerita Panji dan dari daerah lainnya. Tujuan kami selain untuk menghibur wisatawan, juga bagian mengenalkan berbagai kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia,” tutupnya.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Bayu Mulya
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Falahi Mubarok