JawaPos.com – Setelah mengalami gangguan selama lebih dari 6 jam, jaringan internet provider Telkomsel mulai pulih, Kamis (6/12). Dampak dari gangguan itu, banyak pelanggan yang kecewa. Pekerjaan para pelanggan Telkomsel yang memanfaatkan internet lumpuh total.

Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatera, Hadi Sucipto mengklaim, gangguan yang dialami Telkomsel sejak pagi tadi sekira pukul 11.30 WIB sudah pulih.

“Jaringan data berangsur pulih pada pukul 19.00 WIB. Pemulihan sudah dilakukan di seluruh daerah terdampak,” ujar Hadi Sucipto, Kamis (6/12) malam.

Ia melanjutkan, Telkomsel berupaya dengan maksimal untuk memulihkan gangguan ini dengan cara merecovery sistem data tersebut. “Penyebabnya gangguan di sistem perangkat layanan data. Sedangkan layanan voice dan SMS tetap berfungsi dengan normal,” ungkap Hadi.

Ditanyai soal penyebab, Hadi tidak menjawab secara mendetail. Ia hanya mengatakan ada gangguan di perangkat data. “Penyebabnya perangkat datanya terganggu mas, sehingga tidak berfungsi. Awalnya indikasinya kabel optik, tapi bukan itu penyebab utamanya,” katanya.

Soal kabel optik yang putus, Hadi juga tidak menjawab. Padahal sebelumnya, Humas Telkomsel Sumbagteng Agus Winarto megatakan ada kabel yang putus.

Sebelumnya, gangguan jaringan data terjadi di Medan, Riau, Padang hingga Batam. Setelah diinformasikan pulih, internet telkomsel di kawasan itu masih belum tersambung. Pelanggan hanya bisa menggunakan layanan SMS dan telepon.

(pra/JPC)