Jangan Takut Datang Ke TPS!

Pilgub Jateng 2018

JawaPos.com – Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 akan dilaksanakan hari ini (27/6). Namun masalah golput terus menjadi polemik setiap gelaran akbar pesta demokrasi.

Atas dasar itu Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono mengimbau agar masyarakat menghindarinya. Dia meminta warga mau datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan suaranya.

Mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri itu mengatakan, setiap suara warga nilainya sangat berharga. Maka akan sangat disesalkan jika tidak digunakan dengan bijak.

“Pilkada ini kan 5 tahun sekali. Kita harapkan hak pilih dari masyarakat itu bisa disalurkan,” ujar Condro di Polda Jateng, Selasa (26/6).



Lebih lanjut Condro menghimbau agar masyarakat tak segan datang ke TPS. Polda Jateng memberikan garansi keamanan bagi warganya dari segala ancaman kejahatan.

“Silahkan datang ke TPS-TPS, kita berikan jaminan di sana, silahkan datang kesana kemudian pilih (pemimpin) sesuai hati nurani,” imbuhnya.

Selain itu Condro juga berharap selama masa tenang ini situasi di masyarakat tetap kondusif. Tidak ada saling intimidasi dari kelompok tertentu memenangkan salah satu pasangan calon (paslon).

“Di masa tenang ini nggak ada tindakan-tindakan yang mengintimidasi masyarakat, hak pilih masyarakat untuk menyuruh atau tidak memilih paslon tertentu tidak boleh ada intimidasi itu,” tegas Condro.

“Kemudian beda pilihan itu biasa, justru beda pilihan itu yang indah di Indonesia, jadi jangan sampai beda pilihan memutus tali silaturahmi menjadi perpecahan kita,” tukasnya.

(sat/JPC)