Jangan Sampai Kehilangan Motivasi

MALANG KOTA – Arema FC sudah memastikan diri aman dari ancaman degradasi. Di sisi lain, kans untuk mendapatkan tiket ke AFC Cup dengan finis di posisi tiga besar juga sudah pupus. Lalu, apa motivasi Arema FC sekarang?

Ibarat balapan motor, saat ini garis finisnya sudah terlihat. Bagi Arema FC, Liga 1 tinggal menyisakan dua laga. Yakni, menghadapi tuan rumah PS TIRA di Stadion Sultan Agung Bantul Minggu (2/12) serta menjamu Sriwijaya FC di Stadion Kanjuruhan 7 Desember mendatang.

Pelatih Arema FC Milan Petrovic meyakini bahwa timnya, terutama pemain masih memiliki motivasi besar untuk menyelesaikan kompetisi dengan hasil bagus. Tujuannya macam-macam.

Tak cuma tujuan secara tim, tapi juga individu setiap pemain. ”Ini kompetisi yang sangat panjang, dan (sekarang) sudah mulai berpikir soal kontrak untuk musim selanjutnya. Saya pikir, 10 hari ke depan itu akan menjadi hal yang penting,” kata Milan.

Apalagi, mayoritas pemain akan habis kontraknya akhir Desember ini. Pembicaraan kontrak baru akan dilakukan setelah laga terakhir lawan Sriwijaya FC.



Nah, rapor menjadi salah satu dasar pertimbangan bagi manajemen untuk menentukan apakah pemain layak untuk diberi perpanjangan kontrak, atau dilepas ke klub lain. Bagi pemain yang performanya biasa-biasa saja sepanjang musim, maka dua laga terakhir di Liga 1 bisa menjadi ajang pembuktian. ”Saya pikir, tim ini masih punya motivasi besar untuk meraih hasil bagus di sisa laga,” kata dia.

Jika mampu menyapu bersih dua laga, Arema FC bakal finis dengan mengumpulkan 50 poin. Dengan koleksi poin itu, Arema FC mungkin bisa finis di posisi delapan atau tujuh.

Kalau skenario itu terwujud, Arema FC bakal melampaui hasil tahun lalu. Di Liga 1 musim kompetisi 2017, Arema FC finis di peringkat 9 dan mengumpulkan 49 poin.

Yang jelas, saat ini sudah ada satu hal yang lebih baik dari tahun lalu. Yakni, jumlah gol. Musim ini Arema FC lebih produktif di liga.

Hingga pekan ke-32, Arema FC sudah mengumpulkan 50 gol. Lebih baik ketimbang Liga 1 2017 lalu, di mana Arema FC hanya mencetak 43 gol. Bahkan, dari sisi gol, Arema FC saat ini lebih baik ketimbang saat menjadi runner-up ISC A. Kala itu, Singo Edan mencetak 46 gol.

Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Indra Mufarendra
Foto: Darmono