Jangan Salah Beli, Ketahui 5 Ciri Mutiara Asli

JawaPos.com – Siapa sih yang tak tertarik dengan mutiara? Kilau dan bentuknya memberikan kesan yang klasik namun tetap mewah dan elegan. Tak heran jika mutiara disukai masyarakat dunia. Mulai dari anggota kerajaan, selebriti hingga masyarakat biasa menyukai mutiara.

Dilansir dari The Little Things, Jumat (16/8), mutiara terbentuk melalui proses yang panjang. Yakni ketika sedikit pasir masuk ke dalam tiram dan membuatnya iritasi. Tiram mengeluarkan zat yang disebut nacre, yang mengeras, menutupi pasir kasar dengan lapisan halus. Sehingga tak heran kalau harganya mahal.

Mutiara umumnya berwarna putih atau gading. Tetapi bisa juga berwarna merah muda, kuning, atau bahkan hitam. Jika masa lalu, mutiara harus ditemukan di alam liar, yang berarti mereka sangat langka.

Sayangnya, barang mewah ini sering juga dibuatkan tiruannya alias imitasi. Lalu, bagaimana sih cara membedakan mutiara asli dan palsu?

Kurator mutiara, Ratna Zhuhury menjelaskan, Indonesia memiliki kualitas mutiara air laut yang terbaik di dunia. Namun sayangnya dipasaran banyak beredar mutiara air tawar asal Tiongkok dan juga Jepang.

Untuk itu, ungkap Ratna, ada beberapa ciri mutiara yang memiliki kualitas baik. Seperti bentuknya bulat sempurna, mudah digelindingkan, serta mengeluarkan warna tertentu ketika terkena sinar atau sinar matahari.

“Sepintas putih tapi yang jenisnya bagus ketika dibawa ke matahari bisa mengeluarkan nuansa biru, pink, ungu, kuning, dan sebagainya,” terang Ratna saat konferensi pers pameran Wasiat Agung Negeri Nusantara (WASIAT) yang bertajuk ‘Wasiat Agung Negeri Nusantara’ (Warisan) di Jakarta.

1. Permukaannya

Pertama mutiara asli memiliki punggung kecil seperti sidik jari di permukaannya, di mana mutiara palsu benar-benar halus. Untuk melihat punggungan, Anda mungkin perlu kaca pembesar.

2. Bercahaya

Mutiara asli juga akan cenderung memiliki kualitas yang lebih bercahaya untuk pewarnaannya, di mana mutiara palsu akan cenderung terlihat sedikit lebih datar warnanya.

3. Reflektif

Mutiara asli juga akan lebih reflektif. Anda dapat melihat sumber cahaya yang dipantulkan pada permukaan mutiara.

4. Lebih Dingin

Mutiara asli akan cenderung dingin saat disentuh, dan perlahan-lahan menjadi hangat saat memakainya.

5. Lebih Berat

Mutiara asli juga akan sedikit lebih berat daripada rekan-rekan imitasi mereka.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani