Jangan Makan Sendirian, Bisa Bikin Gemuk Lho!

Hal itu terbukti ketika seorang perempuan putus cinta atau bertengkar dengan kekasihnya. Mereka memilih melampiaskannya dengan banyak makan, membeli es krim, dan cokelat.

Begitu juga saat konflik dengan teman-teman, biasanya perempuan menghibur diri dengan makan dan jalan-jalan sendiri ke mal atau tempat lainnya.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (5/11) penelitian menunjukkan hubungan antara kesepian dan masalah mental ada hubungannya dengan kesehatan. Dilakukan oleh tim peneliti di Rumah Sakit Ilsan Universitas Dongguk di Seoul, Korea Selatan, menjelaskan hasil yang mengejutkan.

Hasilnya, makan sendiri membuat orang dewasa berisiko tinggi terkena sindrom metabolik, yang merupakan istilah kesehatan berisiko. Misalnya tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Tim tersebut meneliti 7.725 orang dewasa yang sering makan sendiri.

Penelitian menemukan kesimpulan bahwa pria yang makan sendiri berisiko tinggi terkena masalah kesehatan. Faktanya dengan 45 persen peningkatan risiko obesitas dan 64 persen peningkatan risiko sindrom metabolik. Pria dua kali lebih mungkin jatuh sakit daripada perempuan yang makan sendiri dua kali sehari (dengan risiko hanya 29 persen).

Penelitian itu sudah diterbitkan dalam jurnal yang disebut Obesity Research and Clinical Practice. Kesimpulannya, seseorang yang kesepian dan mengalami gangguan mental cenderung melakukan pelarian dengan makan banyak sehingga menimbulkan masalah kesehatan.


(ika/JPC)

Source link

Source link