Jangan Dipikir Mesum ya, Ini 5 Fakta Penting Aksi Sehari Tanpa Kutang

ilustrasi Gerakan Sehari Tanpa Bra #NoBraDay
(Pixabay)

JawaPos.com – Membebaskan payudara satu hari tanpa kutang atau bra akan sangat baik bagi kesehatan payudara itu sendiri. 

Salah satunya dalam mendukung Bulan Kesadaran Kanker Payudara, dimana saat ini semakin banyak perempuan menderita penyakit mematikan itu. 

Gerakan kampanye No Bra Day atau Sehari Tanpa Bra dipercaya bisa menjadi simbol dukungan terhadap angka kenaikan penderita kanker payudara.



Dilansir dari Daily Mail, Jumat (13/10), perempuan didorong untuk mendukung kampanye ini dan meningkatkan kesadaran pola hidup sehat untuk mencegah kanker. 

Salah satunya terkait kesadaran mengecek payudara sedini mungkin jangan sampai dirasakan ada benjolan yang bisa membahayakan kesehatan.

Sedikitnya ada lima fakta penting yang wajib diketahui seputar Hari Tanpa Bra atau manfaat tak memakai bra itu sendiri. Hari Tanpa Bra memang diperingati setiap 13 Oktober. 

1. Deteksi Penderita Kanker Payudara

Momen hari tanpa bra tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengetahui bagaimana melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Perempuan dapat mengenali gejala kanker payudara dengan pemeriksaan rutin. 

Menurut badan amal di Inggris, 5 ribu orang biasanya terdiagnosis menderita kanker payudara selama kampanye ini. 

Kanker payudara adalah kanker paling umum di Inggris, yang 50 ribu orang Inggris setiap tahunnya. Satu dari delapan perempuan di Inggris biasanya mengalami penyebaran kanker payudara dengan cepat. 

2. Tingkatkan Kesadaran

Tujuannya tentu ingin meningkatkan kaum hawa atas bahayanya penyakit ini. Kampanye ini dimulai pada tahun 2011, dan sejak itu semakin populer perempuan menggunakan tanda pagar #nobraday di media sosial untuk mendukung kampanye tersebut. Siapa saja yang mendukung kanpanye itu biasanya memakai pita. 

3. Jadi Ajang Donasi

Masyarakat dunia juga dapat menunjukkan dukungan dengan menyumbang lewat amak dan donasi ke yayasan kanker payudara. Solidaritas ini terus berjalan dan mejadi gerakan berkelanjutan.  

4. Penyebab Kanker

Hingga kini penyebab kanker secara pasti masih belum diketahui. Penderita penyakit kanker di era modern ini terus meningkat. Banyak faktor yang menjadi pemicunya salah satunya hidup tidak sehat, polusi, hingga faktor genetik. Sel kanker berkembang sangat cepat berbeda dengan sel normal.

5. Pentingnya Deteksi Dini

Sejak awal 1990-an, tingkat kejadian kanker payudara telah meningkat sekitar seperlima (19 persen) di Inggris. 

Namun, deteksi dini melalui program skrining dan kesadaran masyarakat adalah cara penting meningkatkan kelangsungan hidup penderita kanker dalam jangka panjang. 

Hasilnya 8 dari dari 10 perempuan dengan kanker payudara akan bertahan setidaknya lebih dari lima tahun setelah melakukan diagnosa awal. 


(ika/JPC)