Jangan Benturkan Islam dengan Pancasila

SBY

RADAR MALANG ONLINE – Dugaan adanya pihak yang sengaja sengaja membeturkan Pancasila dengan Islam demi kepentingan politik golonga tertentu, menuai reaksi dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam pidato politiknya, SBY mememinta kepada semua pihak jangan membenturkan antara Islam dengan Pancasila. Karena isu itu, bisa sangat merusak persatuan dan kesatuan bangsa ini

?”Saya mengajak janganlah membentur-benturkan Islam dengan Pancasila. Jangan juga membenturkan Pancasila dengan agama lain,” ujar SBY dalam pidato politiknyaa di JCC, Jakarta, Sabtu (9/6).

Sebagai seorang muslim, SBY mengimbau agar semua umat muslim bisa menjalankan syariat Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Namun disaat bersamaan juga mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Jadi sebagai mulsim kita tentu wajib menjalankan syariat Islam, dan secara bersungguh-sungguh berupaya menjalankan nilai yang ada dalam sila-sila Pancasila di kehidupan berbanga dan bernegara,” katanya.

Oleh sebab itu, Pancasila dan Islam harus bisa berjalan beriringan dalam mengimplementasikannya ke kehidupan sehari-hari. Bahkan, keduanya tidak bisa dibedakan antara Pancasila dan Islam.

“Saya yakin itu yang ada di dalam hati, pikiran saudara-saudara kaum muslimin dan muslimat,” ?pungkasnya. 

(gwn/JPC)