Jangan Asal Sembelih Hewan Kurban

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Malang mencetak juru sembelih hewan halal (Juleha). Itu dilakukan agar proses penyembelihan hewan kurban dilaksanakan secara baik.

MALANG KOTA – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Malang mencetak juru sembelih hewan halal (Juleha). Itu dilakukan agar proses penyembelihan hewan kurban dilaksanakan secara baik.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Darussalam, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, misalnya, menerapkan teknik yang diajarkan DPKP. ”Kami sekarang lebih hati-hati saat menyembelih. Menjatuhkan sapi pun harus pelan-pelan,” ujar Muhammad Ali, juru sembelih sapi, kemarin (1/9).

Sebelumnya, penyembelihan hewan kurban dilakukan secara kasar. Misalnya, saat merobohkan sapi sebelum disembelih. ”Kalau dulu asal merobohkan saja,” katanya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Malang di Kelurahan Purwodadi, warga berusaha merobohkan sapi dengan bantuan alat yang menyerupai katrol. Dengan demikian, sapi tidak langsung jatuh ke tanah, tapi ke katrol lebih dahulu. Itu menyebabkan sapi tidak kesakitan.

Kemudian saat menyembelih, pisau yang digunakan harus tajam. Itu agar sapi tidak merasakan sakit terlalu lama. ”Banyak ilmunya, sehingga Juleha juga semakin belajar, masyarakat yang membantu juga antusias,” kata dia.



Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKP Kota Malang drh Anton Pramujiono menambahkan, Agustus lalu pihaknya sudah mengadakan pelatihan menyembelih hewan kurban kepada Juleha. Pelatihan itu digelar di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Malang. ”Kegiatan itu sebagai langkah untuk mengurangi ketidaktahuan warga tentang tata cara sembelih yang benar,” kata Anton.

Dia menambahkan, pelatihan tersebut bermula 2016 lalu dengan 100 warga. Pada 2017, jumlah warga yang mengikuti tata cara penyembelihan lebih banyak, yakni mencapai 200 orang. ”Setiap tahun akan terus ada pelatihan, sehingga semakin baik pelaksanaan penyembelihan,” kata dia.

Pewarta : Aris Syaiful
Penyunting : Mahmudan
Copy Editor : Arief Rohman
Fotografer : Aris Syaiful