Jaminan Kemudahan Izin untuk Pengusaha Muda

MALANG KOTA – Asa tinggi disematkan Bupati Malang Drs H.M. Sanusi MM kepada sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Malang.

Dia berharap agar anggota Hipmi bisa menggali potensi dan membangun sektor pariwisata di Kabupaten Malang. Bila terwujud, bukan hanya tingkat perekonomian yang bisa terangkat, tapi juga berpotensi menuntaskan angka kemiskinan.

Harapan tersebut disampaikan Sanusi dalam pelantikan Himpi BPC Kabupaten Malang di Hotel Grand Cakra kemarin siang (7/11). ”Dalam rangka menumbuhkan ekonomi, peran pengusaha harus dioptimalkan. Baik dari segi kuantitas maupun kualitas,” ujarnya.

”Secara kuantitas sangat banyak, tapi kualitas nanti dilihat dulu. Apalagi dalam kondisi sekarang, di mana kita berada di tengah-tengah isu persaingan ekonomi antara Amerika Serikat dengan Tiongkok,” bebernya.

Sebagai konsekuensi atas harapan besar tersebut, politikus PKB itu berjanji bakal mempermudah segala urusan yang terkait dengan Hipmi. Terutama perizinan serta fasilitas lain. ”Apa pun usahanya, akan kami permudah,” tegas dia.

Menanggapi harapan tersebut, Ketua Umum Himpi Kabupaten Malang A. Hendik Purbaya mengaku sudah menyiapkan beberapa rancangan untuk mengembangkan potensi Kabupaten Malang.

”Karena visi kami menjadikan Hipmi sebagai komunitas bisnis di era industri 4.0 dan society 5.0. Dengan dasar itu, pengembangan ekonomi nanti lebih banyak ke arah digital,” kata dia.

Disinggung tentang pembentukan Hipmi Kabupaten Malang, alumnus S-2 Universitas Ciputra itu mengaku bila wacana tersebut sebenarnya telah disusun sejak lama.

Namun, karena belum ada kader yang dirasa siap, maka rencana tersebut belum sempat terealisasi sebelumnya. ”Kemudian saya ditunjuk oleh Hipmi Jatim untuk menggawangi Hipmi kabupaten.

Dengan dukungan Pemkab Malang, maka terbentuklah himpunan pengusaha muda Indonesia di wilayah ini,” terangnya. Saat ini total ada 120 pengusaha yang tergabung dalam Hipmi Kabupaten Malang.

Mereka bergerak di multiusaha. Mulai dari kuliner, properti, pariwisata, travel agent, hingga creative digital marketing.

Pewarta : Nenny Fitrin
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya