Jambore Literasi, Ajak Relawan Lebih Mandiri

KOTA BATU – Puluhan peserta dari berbagai daerah se – Indonesia berkumpul di area Taman Dolan Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sejak 15 – 17 Januari ini, mereka tengah mengikuti Jambore Literasi ‘Rayakan Indonesiamu’.

Beragam persoalan mulai dari lingkungan, pendidikan, literasi, perekonomian dan yang lainnya dibahas dalam kegiatan yang diikuti komunitas relawan itu.

Salah satunya, Founder Sekolah Raya, Agustian menyatakan rangkaian kegiatan ini sebagai salah satu bentuk untuk mengajarkan kepada relawan relawan dalam membawa perubahan di daerah masing – masing.

“Seperti yang dari Batu misalnya ada kegiatan Sabers Pungli itu. Ini kan salah satu aksi untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, kami mengajak mereka untuk juga bisa membawa hal – hal kecil seperti ini ke wilayahnya,” ujarnya ketika ditemui radarmalang.id.

Karenanya, melalui Jambore Literasi ini peserta diharapkan bisa saling berbagi pengalaman, solusi, dan inovasi terkait permasalahan sosial melalui pengembangan dan pengabdian masyarakat.

“Semua komunitas berkumpul di forum ini dengan harapan saling menciptakan inovasi kreatif. Berbagi permasalahan di wilayahnya untuk dicarikan solusi bersama melalui aksi sosial,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore Literasi, Muhammad Anwar mengatakan lewat kegiatan ini relawan bisa mandiri dalam mengenali potensi di wilayahnya masing-masing untuk dikembangkan.

“Karena proses pembangunan di desa itu salah satu peran nyata dengan inovasi dari relawan. Mandiri dalam artian mereka harus benar-benar mampu mengedepankan lingkungannya untuk mencapai pengembangan yang baik,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia