Jalur Sepeda di Probolinggo Sinergi Jawa Pos

KANIGARAN – Kota Probolinggo kini mempunyai jalur khusus untuk sepeda onthel. Sejauh ini, jalur sepeda itu baru terpasang di satu titik.

Yakni mulai simpang tiga Loji Jalan Pahlawan hingga ke barat sampai simpang empat Brak. Panjangnya sekitar 1 kilometer. Jalur itu diberi penanda cat garis warna hijau. Dilengkapi ada gambar sepeda onthel-nya.

Informasi yang dihimpun, jalur sepeda itu baru dibuat pada Sabtu sore (25/11). Jalur itu dibuat usai pihak pemerintah kota (pemkot) setempat menjalin kerja sama dengan pemerintahan Helsingborg, Swedia.

Namun, sejauh ini jalur tersebut masih belum dioptimalkan untuk sepeda. Sebab, sosialisasi tentang penggunaan jalur sepeda itu juga masih minim.



Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo, Sumadi. “Mungkin masih banyak yang belum tahu. Jadi, masih belum digunakan,” ujarnya.

Sejauh ini, jalur sepeda itu baru dipasang di jalan Pahlawan. Rencananya, jalur sepeda itu juga bakal dipasang di sejumlah titik lainnya. Dari pertemuan antara Pemkot Probolinggo dan pemerintahan Helsingborg, ada beberapa titik yang bakal dibuat jalur sepeda.

Selain di jalan Pahlawan, juga akan dibuat di jalan Soekarno Hatta, jalan dr. Sutomo, jalan raya Bromo, jalan Panglima Soedirman, jalan Suroyo, jalan Cokroaminoto, jalan Mastrip dan juga jalan Slamet Riyadi.

“Bertahap. Nanti pasti ada juga di jalan yang lain. Nantinya jalan-jalan yang akan dibangun jalur sepeda itu melewati sekolah-sekolah. Itu untuk memudahkan warga Probolinggo yang gila gowes. Serta untuk memudahkan para pelajar yang hendak menuju sekolahnya,” ungkapnya.