Jalur Magma yang Kosong Disebut Picu Gempa di Timur Laut Gunung Agung Sinergi Jawa Pos

Kabid Mitigas Gunung Api PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), I Gede Suantika mengatakan bahwa terjadinya gempa tektonik ini sangat erat kaitannya dengan aktivitas vulkanik Gunung Agung yang saat ini sedang meningkat. Menurutnya, saat ini magma Gunung Agung sedang beranjak naik menuju permukaan dan mengisi lantai kawah. Sehingga mengakibatkan adanya kekosongan magma di dalam perut bumi yang mengakibatkan adanya gempa tektonik.

“Iya sangat erat kaitanya, apalagi saat ini magma sedang bergerak, sehingga ada kekosongan di perut bumi, itu kan salah satu jalur magma,” tegasnya, Rabu (29/11) malam.

Pun demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan pihak berwenang. Namun, perlu diingat bahwa saat ini Gunung Agung berstatus awas sehingga tingkat kewaspadaan masyarakat wajib ditingkatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Masyarakat diharapkan tetap tenang, semabri menunggu arahan lebih lanjut, wajib selalu meningkatkan kesiapsiagaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar mendeteksi gempa 3,1 SR pada pukul 20.17. Gempa tektonik yang berlokasi di titik koordinat 8,32 LS-115,64 BT atau sekitar 13 kilometer Timur Laut Karangasem tersebut dinyatakan bersumber pada kedalaman 10 km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl. SEIS membenarkan gempa tersebut. “Benar, terdeteksi gempa di lokasi titik tersebut dan tercatat oleh kami,” ujarnya.

Namun demikian, hal itu belum bisa dipastikan berkaitan jalur magma Gunung Agung. Yang jelas, kata dia, masyarakat tidak perlu panik.

“Adanya gempa terkait dengan erupsi adalah wajar. Masyarakat kami imbau agar tetap tenang, namun harus tetap waspada,” ujarnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group) saat dikonfirmasi, Rabu (29/11) malam.  

(bx/adi/gus /yes/JPR)