Jalur Alternatif Pengurai Macet Kota Batu Masuk PAK 2019

KOTA BATU – Kemacetan Kota Batu setiap akhir pekan menjadi perhatian khusus Pemkot Batu. Oleh sebab itu pada rapat paripurna tanggapan walikota atas pandangan fraksi Senin sore (12/8) pemkot mengajukan tiga jalur alternatif dalam Perubahan Anggaran Keuangan tahun 2019.

“Pembuatan jalan tembus itu memakan banyak anggaran. Oleh sebab itu melalui pembuatannya kami bisa membantu menekan silpa sekaligus bisa mengurai kemacetan di Kota Batu,” papar Himpun, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Ia mengungkapkan tiga jalan tembus tersebut meliputi Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji menuju Kelurahan Sisir dan Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kelurahan Pesanggrahan menuju Kelurahan Nggalik di Kecamatan Batu, dan Desa Pendem, Kecamatan Junrejo menuju Prolima Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo.

Himpun membeberkan ke depan, pemkot akan membangun jalan sepanjang 1.5 KM dan lebar 6 meter dari Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji menuju Kelurahan Sisir dan Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Untuk Kelurahan Pesanggrahan menuju Kelurahan Nggalik di Kecamatan Batu nantinya akan dibangun jalan tembus sepanjang 2 Km dengan lebar 6 meter. Sedangkan untuk Desa Pendem, Kecamatan Junrejo – Prolima Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo memiliki panjang 1,8 Km dengan lebar sekitar 8 meter.

“Semoga bisa direalisasikan di semester kedua ini, karena kami jalur alternatif ini bisa sangat membantu kemacetan,” ungkapnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto :dok JPRM
Penyunting: Fia