Jakarta Siap Fasilitasi DPT 7,7 Juta Warga dan 53 TPS Berbasis DPTB

 Jakarta Siap Fasilitasi DPT 7,7 Juta Warga dan 53 TPS Berbasis DPTB

JawaPos.com – Dalam memantau kesiapan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI mengaku telah menyiapkan segalanya. Baik dari logistik, maupun teknis di lapangan.

Ketua KPU DKI Betty Epsilon Idroos menyatakan pihaknya telah menyelesaikan daripada keseluruhan jumlah pemilih di Jakarta atas hasil perbaikan Daftar Pemilih Tetap jilid ke 3 (DPT HP3) sebanyak 7,7 juta orang pemilih.

“Kita sudah menetapkan, dpt hp3. Di KPU RI 7,7 juta pemilih. Pas kita tetapkan kemudian kita layanidi hari H 17 April. Disamping itu ada 53 TPS berbasis DPTb yang terkonsentrasi di lapas rutan dan beberapa lokasi-lokasi khusus di DKI Jakarta,” ucap Betty di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (10/4)


Tidak hanya itu, Betty pun menyatakan bahwa dorongan Kemendagri untuk memperhatikan Kepulauan Seribu sudah tertangani. Mulai dari pendistribusian surat dan kotak suara yang akan tersebar di 70 TPS.

“Kepulauan seribu kita sudah menyelesaikan kebutuhan surat suara dan tadi pagi mereka sudah mulai mendistribusikan ke tingkat kecamatan. Ada 70 TPS di pulau seribu di luar TPS yang DPTB yang mengelompok di pulau seribu,” jelasnya.

Selain itu, adapun kendala-kendala yang dialami KPU DKI sudah dapat teratasi dengan perencanaan yang matang. Sehingga, dia pun memastikan penyelenggaraan Pemilu pada 17 April mendatang.

“Bahkan rekapitulasi tingkat kecamatan tidak dapat menggunakan kantor kecamatan, tapi kami di bantu oleh pemerintah dengan meminjamkan aset daerah untuk loading dan rekapitulasi tingkat kecamatan karena rata-rata TPS di Jakarta sekitar 600-an, dan paling banyak ada 1.460 TPS untuk di rekap tingkat kecamatan,” pungkasnya.