Jaga Performa di Putaran Kedua

KOTA MALANG – Ada 18 pertandingan yang harus dilakoni Arema FC selama putaran kedua Liga 1 kali ini. Satu laga melawan Borneo FC sudah dilalui kemarin malam (13/9) di Stadion Kanjuruhan. Artinya, masih ada 17 pertandingan sampai Desember nanti yang harus dijalani para penggawa Singo Edan.

Dengan jumlah pertandingan tersebut, tentu tidak mudah. Terlebih melewati semua laga itu dengan kemenangan. Jika menoleh pada hasil pertandingan di putaran pertama, performa Hamka Hamzah dkk masih naik turun.

Dari 16 pertandingan di paro musim pertama itu, Arema baru meraih 8 kemenangan, 2 seri, dan 6 kali kalah dengan total poin 26 yang dikumpulkan. Tidak hanya itu, karena cukup sering menelan kekalahan ada jurang pemisah yang cukup lebar dengan pemuncak klasemen sementara, Bali United, yang sudah mengemas 40 poin.

Di putaran kedua ini, Arema mau tidak mau harus mengejar. Pelatih Arema FC Milomir Seslija juga mulai menyiapkan strategi agar ritme performa anak asuhnya tetap terjaga. Jadi, tidak banyak kehilangan poin lagi untuk laga selanjutnya.

”Untuk menjaga ritme tim pelatih akan membuat program,” kata pelatih yang akrab disapa Milo tersebut. Program tersebut untuk menjaga kondisi fisik para pemain. Selain itu, nantinya juga akan melakukan rotasi pemain.



”Kami lihat jadwal kali ini, ada jeda tujuh hari, ada jeda empat hari, berbeda-beda,” kata pelatih dengan lisensi UEFA Pro itu. Jadwal untuk putaran kedua ini, jelas dia, berbeda dari putaran pertama lalu. Di paro musim pertama, Singo Edan harus melalui jadwal neraka.

Seperti di Juli dan Agustus, selama dua bulan itu Dendi Santoso dkk dipaksa bermain 12 kali. Sebab, padatnya jadwal itu beberapa pemain ada yang cedera dan sakit. ”Namun kali ini, sepertinya beda. Seperti di bulan ini kami ada 5 pertandingan, setelah itu akan break untuk FIFA match day,” kata mantan pelatih Madura United tersebut.

Selain akan membuat program dan rotasi, Milo berharap tidak ada pemain yang cedera lagi di putaran kedua. ”Serta pemain yang saat ini cedera bisa segera kembali, seperti Dedik (Setiawan) dan (Johan) Alfarizie, dan Arthur (Cunha) karena kami membutuhkan mereka,” kata pelatih berusia 55 tahun itu.

Milo juga berharap, semua pemain akan siap untuk diturunkan kapan pun. ”Semua pemain harus siap menjalani 18 pertandingan,” pungkas Milo.

Asisten pelatih Arema FC Kuncoro berharap beberapa pemain yang cedera bisa segera pulih. ”Seperti Dedik dan Alfarizie, mereka adalah winning team jadi (kehadiran mereka) sangat penting (untuk tim),” kata dia.

Di putaran kedua ini, Arema juga tidak banyak melakukan perubahan. Pemain baru pun hanya satu, Takafumi Akahoshi yang menggantikan Pavel Smolyachenko.

Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro