Jaga Inflasi, TPID Fokus 4K

KOTA MALANG – Menjawab tantangan Pengendalian inflasi Jawa Timur 2019, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berfokus untuk menerapkan 4K. Dari roadmap pengendalian inflasi kali ini yang paling disorot adalah distribusi.

“Jika konektivitas makin baik antar satu daerah dengan daerah lain maka dampaknya di provinsi akan sangat bagus,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak di Hotel Aria Gajayana, Malang dalam rangka Capacity Building TPID.

Menurut emil, 4K tersebut meliputi keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif. Keterjangkauan harga bisa dicapai dengan produk stabilisasi harga dan mengelola permintaan. Untuk ketersediaan pasokan dengan memperkuat konektivitas dan kerjasama produksi antar lembaga.

Sementara kelancaran distribusi adalah dengan memperkuat infrastruktur di tiap daerah. “Malang ini jantungnya Jawa Timur. Begitu terkoneksi dengan adanya infrastruktur yang memadai seperti JLS ataupun tol Malang Pandaan itu dapat memperlancar arus distribusi,” jelasnya

Sementara komunikasi efektif mampu dicapai melalui upaya koordinasi antar pusat dan daerah. Menurutnya, TPID merupakan bagian penting untuk bisa 4K itu sendiri.

“Misalkan, bagaimana beras yang dihasilkan petani tidak langsung diborong oleh pemilik modal, ini yang bahaya,” ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji yang turut hadir dalam acara menyatakann jika keterjangkauan harga juga harus diperhatikan. “Sebelum secara statistik saya agak gusar karena inflasi di awal Januari termasuk tinggi,” imbuhnya

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : Feni Yusnia
Penyunting : Fia