Jadwal Lawan PSM Mundur?

MALANG KOTA – Arema FC bisa jadi harus menunggu lebih lama lagi untuk melakoni laga ketiganya di Liga 1. Sebab, laga lawan PSM Makassar yang seharusnya digelar 23 Juni, berpotensi mundur.

Penyebabnya adalah jadwal PSM Makassar di AFC Cup. Pihak PSM menilai jadwal laga lawan Arema FC terlalu mepet dengan jadwal mereka di semifinal AFC Cup Zona ASEAN.

Bahkan, PSM kabarnya sudah mengajukan surat kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk merevisi jadwal laga lawan Arema FC. ”Informasinya seperti itu, PSM mengajukan mundur, tapi kami masih menunggu surat resmi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB),” kata General Manajer Arema FC Ruddy Widodo.

Seperti diketahui, PSM bakal melakoni dua laga berformat home & away lawan Becamex Binh Duong (Vietnam) di babak semifinal AFC Cup Zona ASEAN. PSM lebih dulu menghadapi Becamex di Go Dau Stadium, Thu Dau Mou, pada 19 Juni.

Lalu, pada 26 Juni, giliran PSM yang menjamu Becamex di Stadion Pakansari Bogor. Pakansari menjadi homebase PSM selama berlaga di AFC Cup musim ini.

Lantas, bagaimana bila PT LIB nantinya menyetujui ajuan PSM? Sebab, ada kemungkinan, bila harus mundur, laga PSM vs Arema FC mungkin baru bisa dilaksanakan di bulan Juli.

Ruddy menyebut, pihaknya tidak akan mempermasalahkan bila PT LIB mengubah jadwal pertandingan lawan PSM. ”Kami ambil sisi positifnya saja. Karena mereka kan juga bersaing untuk nama Indonesia. Kami akan mendukung,” kata pria asal Madiun tersebut.

Hal positif lainnya adalah Arema FC punya waktu persiapan lebih panjang untuk laga selanjutnya. ”Yang jelas persiapan kami lebih lama. Ini juga menjadi waktu yang bagus bagi Comvalius tune in dengan tim,” ungkap Ruddy.

Bila laga lawan PSM digeser ke bulan Juli, atau bulan lainnya, maka hanya ada satu laga yang bakal dihadapi Arema FC di bulan ini. Yakni, laga lawan PS TIRA-Persikabo di Stadion Kanjuruhan pada 29 Juni.

Meski ada sisi positif, namun tidak dipungkiri ada sisi negatifnya. ”Mungkin feeling berkompetisinya bisa tereduksi,” lanjut dia.

Hamka Hamzah dkk dikhawatirkan juga lambat panas. Apalagi, jika melihat tim lainnya yang sudah bertanding. ”Itu yang harus kami antisipasi, soal program pelatih nanti yang lebih tahu,” kata dia.

Sementara itu, pelatih Arema FC Milomir Seslija tidak mau berandai-andai soal kemungkinan mundurnya laga lawan PSM.  ”Saya tidak bisa berkomentar tentang itu (laga lawan PSM mundur),” kata dia.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Indra Mufarendra
Fotografer : Darmono