Jadwal Kereta Api di Kota Malang Kacau

MALANG KOTA – Kecelakaan Kereta Api (KA) Sancaka di Ngawi berimbas pada lalu lintas kereta api di Kota Malang. Ada sekitar lima kereta api yang kedatangannya di Stasiun Kota Baru terpaksa terlambat. Lamanya keterlambatan juga lumayan, 2–8 jam. Di sisi lain, Kereta Gajayana tujuan Jakarta terlambat berangkat 3,5 jam dari Stasiun Kota Baru.

Kereta api yang terlambat tiba di Kota Malang antara lain KA Matarmaja, KA Malabar, KA Gajayana, KA Majapahit, dan KA Malioboro, kereta api jurusan Jogjakarta–Malang. KA Malioboro misalnya, menurut Wakil Kepala Stasiun Baru Kota Malang Mardiono, mengalami keterlambatan tiba hingga 6 jam. Dia juga menyampaikan kalau KA Malabar mengalami keterlambatan 2 jam, dan KA Gajayana telat datang hingga 5 jam.

”(KA) Malioboro masuk sini harusnya pukul 04.00, molor hingga pukul 10.00,” ujarnya.

Dia menerangkan, KA yang telat berangkat dari Stasiun Kota Baru adalah Gajayana. ”Normalnya Gajayana beroperasi pukul 13.30, tapi mundur jadi pukul 18.00 berangkatnya,” terang pria berusia 51 tahun in.

Selain itu, ada dua KA yang terpaksa batal tiba di Stasiun Kota Baru. KA Mutiara Selatan tujuan Bandung–Malang misalnya, terpaksa berhenti di Surabaya.

”KA Bima juga hanya berhenti di Surabaya. Sementara untuk (penumpang) yang tujuannya Malang, diberi pengembalian tiket,” jelas bapak tiga anak ini.

Pengembalian tiket itu akan dibayar 100 persen bila penumpang tidak bisa menunggu atau terpaksa turun di stasiun yang bukan tujuan.

”Misalnya, untuk yang menuju Jakarta mau naik Bima, kalau mau tetap menunggu, kami alihkan ke kereta Gajayana atau Malabar,” beber dia.

Pihak PT KAI mempersilakan apakah penumpang mau menunggu atau tidak. Namun, sebagian besar penumpang memilih tetap menunggu.

”Dari total penumpang yang berangkat menuju Jakarta, Bandung, Jogjakarta, hanya ada pembatalan hingga 10 persen,” pungkasnya.

Pewarta: Sandra Desi
Penyunting: Irham Thoriq
Copy editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto