Jadi Menkes, Dokter Terawan Fokus Selesaikan Masalah BPJS dan Stunting

JawaPos.com – Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Nila F Moeloek. Hal itu dikonfirmasi ketika Terawan datang langsung menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara, mengenakan kemeja putih.

“Dapat amanah baru, tugas baru yang harus saya laksanakan. Ya benar (Menkes),” katanya menjawab pertanyaan wartawan, Selasa (22/10).

Dokter Terawan mengatakan, ia diminta membantu kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Apalagi kesehatan menjadi salah satu sektor penting dalam mencapai visi-misi, salah satunya yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sehingga visi-misi beliau (Jokowi) bisa tercapai,” jelasnya.

Tentunya Terawan secara otomatis mundur dari posisinya sebagai Kepala RSPAD Gatot Subroto. Meski begitu, profesi dokter tetap melekat padanya.

“Harus mundur (Kepala RSPAD). Jadi, saya mungkin begitu dilantik, saya langsung pensiun. Saya tetap dokter, zamannya sekarang bisa tetap pakai telemedicine,” katanya.

Terawan menyampaikan, ada arahan khusus dari Presiden di sektor kesehatan ini. Pertama, soal Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kedua, soal Angka Kematian Ibu dan Bayi, serta stunting.

“Kita cari apa yang menjadi akar persoalannya. Harapannya bisa terselesaikan dengan baik dan bisa membahagiakan semuanya,” katanya.

Dokter Terawan dikenal selama ini sebagai dokter kepresidenan. Namanya semakin dikenal publik setelah mempraktikkan inovasi pengobatan cuci otak untuk menyembuhkan penderita stroke.