Jadi Ajang Munculnya Yel-Yel Kreatif dan Segar

MALANG KOTA – Lomba Yel-Yel dan Koreografi Gumebyar Aremania Smartfren yang bakal dimulai 18 Agustus mendatang bakal heboh dan semarak. Karena peserta dituntut menyuguhkan penampilan terbaiknya, dengan tetap menaati aturan main. Hal itu penting agar event ini menjadi contoh bagaimana menampilkan yel-yel yang tidak menampilkan konten rasis dan sejenisnya.

Aremania Hari Pandiono Paimin menyatakan, ajang Yel-Yel dan Koreografi Gumebyar Aremania Smartfren ini menjadi wadah kreativitas bagi para Aremania.

”Menurut saya, ini bagus untuk mencari inspirasi, ide-ide baru yang segar dari Adik-Adik Aremania,” terang Aremania Sumbersari ini. Dia menilai, ajang tersebut merupakan kegiatan positif yang diharapkan bisa menjaga kehormatan tribun suporter.

Paimin juga setuju sekali dengan dipisahkan antara SARA dan psywar dalam statuta PSSI. Termasuk amandemen yang baru diterapkan, yaitu jika ada nyanyian ujaran kebencian, maka wasit menghentikan pertandingan.

”Nah, saat home di Madura United (MU) sudah diterapkan, dihukum peringatan,” bebernya. Karena itu, lewat ajang Yel-Yel dan Koreografi Gumebyar Aremania Smartfren, diharapkan bakal muncul yel-yel maupun psywar kreatif.

Sementara itu, Manager Event Jawa Pos Radar Malang M. Atho’illah menyatakan, pihaknya sengaja membatasi 100 pendaftar pertama karena berkaitan dengan waktu. Sesuai jadwal, pada 18 Agustus peserta mulai tampil pukul 06.00–10.00. ”Karena Car Free Day (CFD) dibatasi sampai pukul 10.00,” kata Atho’.

Dia memperkirakan, lima kali gelaran CFD akan diisi peserta Gumebyar Aremania Smartfren. Yakni, gelaran CFD pada 18 Agustus, 25 Agustus, 1 September, 8 September, dan terakhir pada 22 September.

Meski membatasi 100 tim, tapi panitia tetap menerima tim yang mendaftar di urutan ke-101 hingga seterusnya. Hanya, pendaftar di urutan 101 ke atas tidak berkesempatan menyuguhkan performanya di panggung CFD.

”Tapi boleh datang ke CFD untuk menyerahkan yel-yel dan koreografinya dalam bentuk CD. Nanti panitia akan memutar isi CD untuk menilainya,” kata Atho’.

Bagi Aremania yang ingin mendaftar, bisa datang ke kantor Jawa Pos Radar Malang di Jalan Kawi 11-B (Kota Malang), Radar Kanjuruhan (Pepen, Pakisaji), Radar Batu di Jalan Pattimura (Kota Batu), dan kantor Smartfren di Jalan Cokelat, Lowokwaru.

Bisa juga mendaftar di beberapa cabang Alibabastore. Di antaranya, Alibabastore Ranugrati di Jalan Ranugrati 31 A, Alibabastore Kepanjen di Jalan Sultan Agung 44, Alibabastore Malang Plaza di depan pintu masuk Malang Plaza, Alibabastore Singosari di Jalan Raya Singosari 54–56 Singosari, Alibabastore Pakisaji di Jl Raya Pakisaji 268, Alibaba Premium Batu di Jalan Diponegoro 132 Batu, dan Alibabastore Turen di Jalan Panglima Sudirman 49 (depan Pasar Turen). ”Silakan mendaftar di lokasi terdekat,” kata Atho’.

Selain yel-yel dan koreografi, dalam event ini juga ada lomba lain yang bisa diikuti. Yakni, Aremania Show. Setiap tim minimal harus beranggotakan lima orang. Sementara maksimalnya, tidak dibatasi.

Untuk pendaftaran Aremania Show, tiap tim cukup membayar Rp 50 ribu. Konsepnya, Aremania nanti bisa beratraksi di tempat-tempat yang mereka pilih mulai tanggal 11–17 Agustus mendatang. Panitia akan datang ke lokasi untuk melakukan penilaian secara langsung.

Pewarta : Sandra Desi
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Ahmad Yani