Jacksen F. Tiago Datang, Lydio de Souza Dilepas

JawaPos.com-Jacksen F. Tiago kembali ditunjuk akan menukangi Persipura Jayapura dalam satu musim ke depan. Langkah manajemen tersebut dianggap pas melihat kondisi yang sedang dialami oleh Persipura yang masih berada di peringkat 16 kelasemen sementara Liga 1 dengan empat poin hasil dari tujuh pertandingan.

”Apa yang diputuskan manajemen Persipura sangat tepat, saya kira ini hal yang baik melihat track record Jacksen sangat baik di Persipura. Hanya pelatih yang pernah bawa Persipura juara yang layak kembali tangani Persipura dengan kondisi seperti ini,”ungkap Daud Arim yang merupakan mantan pemain Persipura saat ditemui Cenderawasih Pos di Kantor KONI Papua, Kamis (11/7).

Persipura Jayapura

Menurut Daud, Jacksen dapat mengembalikan ciri khas permainan pasukan Mutiara Hitam, julukan Persipura, yang sangat solid dalam penguasaan bola.

”Selama ini setelah Rahmad Darmawan dan Jacksen Tiago bawa Persipura juara, tidak ada lagi pelatih yang bawa tim ini juara. Karisma Jacksen pasti bisa mengubah permainan Persipura ke depan. Mari kita dukung kinerja manajemen Persipura, pelatih, dan pemain untuk bisa mengembalikan kejayaan Persipura,” ujar pria yang juga juru taktik Futsal PON Papua itu.

Selain itu, Daud juga berharap manajemen bisa menyerahkan wewenang segalanya kepada Jacksen dalam menentukan skuad yang akan dia gunakan ke depan.

”Saya berharap manajemen memberi kepercayaan buat Jacksen untuk mencari pemain-pemain yang berkualitas. Kejenuhan juga bisa membuat para pemain senior tidak maksimal bermain. Jacksen hadir dengan taktik dan strategi yang baru akan membuat para pemain senior dan junior kembali bergairah,” jelasnya.

Daud berharap kepada masyarakat untuk tidak terlalu memojokkan Persipura saat ini. Menurutnya, masih terlalu dini untuk menghukum Persipura akan terpuruk.

”Kompetisi masih panjang, mari beri dukungan positif kepada manajemen dan pelatih dan pemain,” tegasnya.

Hal senada disampaikan oleh mantan pemain Persipura lainnya Fison Meraudje. Menurutnya, keputusan manajemen untuk memulangkan Jacksen, merupakan langkah yang sangat tepat.

“Ketika Jacksen kembali ke Persipura, kami menyambut dengan baik. Karena manajemen ingin Persipura kembali menjadi tim yang solid, dan Jacksen tidak asing buat Persipura krena pernah menangani Persipura. Ketika manajemen sudah mengambil sikap seperti ini, mari kita dukung tim ini untuk bisa kembali ke jalur juara,” ungkap mantan penjaga gawang Persipura itu.

Kembalinya Jacksen mengancam karier pelatih fisik Persipura saat ini, Lydio de Souza. Sebab, menurut Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano, Jacksen tidak datang seorang diri. Namun memboyong pelatih fisik yang telah dia siapkan.

”Jika Jacksen datang bawa pelatih fisik, ya kemungkinan kami lepas pelatih fisik kami,”ungkap pria yang akrab disapa BTM itu saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (11/7).

Wali kota Jayapura itu menambahkan, soal pelatih fisik ini merupakan salah satu permintaan Jacksen saat dia memutuskan mau kembali menukangi Persipura. “Pelatih fisik yang akan Jacksen bawa juga pelatih dari Brasil,” ujarnya.

Selain itu, BTM menambahkan bahwa pihaknya memberikan wewenang sepenuhnya kepada pelatih dalam belanja pemain pada putaran kedua. ”Jika ada perubahan pemain, kami siap bayar,” jelasnya.

Menurut BTM, Jacksen F. Tiago dan koleganya akan tiba di Jayapura Jumat. Dan dia sudah siap memimpin Persipura menghadapi tamunya, Madura United, 16 Juli mendatang.


Pada ulang tahun ke-70, Jawa Pos mempersembahkan logo khusus untuk suporter sepak bola Liga 1. Logo-logo tersebut kreasi dari tim desain dan ilustrasi Jawa Posdalam menerjemahkan filosofi klub serta para pendukungnya. Logo-logo itu dapat diunduh secara bebas di link berikut ini: https://logofansfc.jawapos.com/

Editor : Ainur Rohman

Reporter : eri/tho (Cenderawasih Pos)