Jabar Jadi Supermarket Bencana, Ridwan Kamil Akan Tiru Jepang

JawaPos.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengatakan, Jawa Barat menjadi wilayah sangat lengkap dengan potensi bencana. Dalam kurun waktu dua tahun sangat banyak terjadi bencana.

“Kalau kami boleh anggap Jawa Barat adalah provinsi yang sangat lengkap bencana, bahkan bisa disebut supermarket. Karena gempa bumi dan potensi tsunami masih ada di bagian Selatan Jawa Barat. Gunung berapi juga jumlahnya cukup banyak dan aktif,” kata Doni di Hotel Asrilia Bandung, Jumat (22/2).

Mantan Pangdam III/Siliwangi ini mencatat dalam kurun waktu delapan tahun terakhir di Indonesia, bencana alam telah menelan sekitar 11 ribu korban jiwa. Korban terbesar diakibatkan gempa bumi, tsunami, diikuti longsor, dan banjir.

Doni menegaskan kalau sumber bencana, rata- rata adalah hasil dari perbuatan manusia. Seperti alih fungsi lahan, tata ruang yang tidak dipatuhi, hingga terjadi peristiwa alam yang selalu berulang.



“Mari kita merawat alam, kita jaga alam, maka alam menjaga kita, kalau kita tidak jaga alam, maka musibah akan datang silih berganti,” ujarnya.

Selain itu, Doni juga sempat mengatakan bahwa Jawa Barat terdapat patahan Lembang yang cukup beresiko. Namun dirinya berpesan agar masyarakat tidak terlalu takut, namun harus meningkatkan kewaspadaan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mencontoh masyarakat Jepang. Karena di negeri Sakura itu, wilayahnya berpotensi bencana namun masyarakat sudah siap dan paham cara menghadapi bencana tersebut.

“Kita ingin belajar minal ke bangsa Jepang bagaimana bisa sekomprehensif itu dalam menyesuaikan diri terhadap takdir. Namun bisa menyesuaikan diri melalui gempa, tsunami dan lainnya,” papar Kang Emil.

Editor           : Erna Martiyanti

Reporter      : Siti Fatonah