ITN Malang Gandeng Tatung University Taiwan, Jalin Kerjasama Pertukaran Dosen dan Mahasiswa

KOTA MALANG – Memasuki tahun 2020, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang terus memperluas kerjasama dengan berbagai instansi. Untuk mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM) di ITN Malang.

Selasa (4/2) lalu ITN Malang menandatangi nota kesepahaman dengan Tatung University Taiwan di Universitas WR Supratman bersama 13 Perguruan Negeri Swasta (PTS) lain di Jawa Timur.

Tatung University sendiri merupakan universitas ternama dengan jaringan perusahaan keteknikan yang luas. Ada 10 departemen,12 program master, dan 11 Ph.D. program.

Pada 2013 RedDot Design Ranking, mencatat Tatung University di peringkat 4 di Universitas Asia-Pasifik. Selain itu, juga sempat berada di peringkat 18 di universitas global di peringkat iF 2013.

“Kerjasama ini dalam hal pembiayaan studi bagi mahasiswa S1, S2 dan juga dosen S3 yang dibiayai dalam program research professor,” ujar Rektor ITN Malang, Dr Ir Kustamar, MT.

Kustamar menjelaskan program ini membidik semua jurusan di ITN Malang. Adapun ITN Malang Fakultas Teknik Industri (FTI) dengan 8 prodi S1 dan D4. Serta Fakuktas Teknik Sipil dan Perencanaan dengan 5 program studi S1.

“Nantinya kami tidak hanya melakukan dosen dan mahasiswa tapi juga staff, mereka biar belajar disana. Ada juga double degree,” imbuhnya.

Program pembiayaan studi ini rencananya bakal dimulai pada awal masa perkuliahan tahun ajar 2020/2021. Kustamar tak bisa merinci berapa kuota yang disediakan untuk mendapatkan pembiayaan ini.

“Yang jelas akan kami lihat yang potensi. Karena di sana kan satu profesor butuh 2 orang mahasiswa ya,” tutupnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: istimewa
Penyunting: Fia