ITN Malang Bangun Pura di Kampus 2

Sejumlah umat Hindu di ITN Malang melakukan prosesi periadatan sebelum membangun pura

KOTA MALANG – Komitmen Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang untuk menjadi kampus yang unggul di bidang IMTAQ (Iman dan Taqwa) terus dibuktikan dengan mulai didirikannya Pura di Kampus ITN 2 Malang, Selasa (19/2).

Nampak karyawan juga beberapa dosen yang beragama Hindu tengah khusyuk melakukan ritual penyucian tempat peribadahan dipimpin oleh seorang pemuka agama Hindu.

“Bersyukur di kampus 2 ITN Malang ini kita sudah bisa mendirikan tiga tempat ibadah. Masjid, gereja dan pura,” ujar Rektor ITN Malang, Dr. Lalu Mulyadi.

Hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya, Kartiko Ardi Widodo, MT., Ketua Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN), serta Dr. Eng. Ir. I Made Wartana, MT, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan.

Menariknya, pura ini dibangun tepat di samping bangunan gereja dan masjid. Menurut Lalu, program pembangunan tempat ibadah Umat Hindu ini sudah menjadi komitmen sejak awal berdirinya kampus.



“Kita ingin ITN Malang di samping menguatkan ilmu pengetahuan dengan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) juga dengan IMTAQ (Iman dan Taqwa) untuk mengakomodir semua mahasiswa dalam kampus dalam hal beragama,” tambahnya.

Dengan luas lahan 20 x 40 meter persegi, nantinya Pura ini akan digunakan sebagai tempat beribadah mahasiswa yang beragama Hindu. Dengan harapan agar pembentukan karakter mahasiswa tercapai baik dari segi IPTEK maupun IMTAQ.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia