ITN Malang Ajak Milenial Bisnis Online

Para siswa mengikuti pemaparan tentang bisnis online

KOTA MALANG – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengajak pelajar SMA/SMK se-Malang Raya untuk menggeluti bisnis online. Salah satunya dengan menggelar Talkshow dan Workshop di hall Teknik Informatika Kampus II ITN Malang, Sabtu (27/4) bertajuk Menjadi Miliarder di Usia Muda Dari Bisnis Online.

Talkshow ini menghadirkan Guru Nasional Internet Marketing, Agus Piranhamas dan dihadiri kurang lebih 200 pelajar. Dalam materinya ia menyampaikan kepada milenial agar tidak takut untuk memulai. Bisnis online menurutnya merupakan bisnis dengan omzet yang besar dan dapat membuat rupiah yang masuk ke dompet lebih banyak daripada bekerja di perusahaan besar sekalipun.

“Saya dari tahun 1992 sampai 2008 kerja berpindah-pindah ke 8 perusahaan besar dan bergengsi. Waktu selama itu bekerja saya hanya menghasilkan satu rumah di Jalan Piranha. Tapi mulai tahun 2008 sampai 2019 ini saya mulai menggeluti apapun bisnis online, dan kini saya sudah punya rumah 14, mobil 4, sepeda motornya 6,” beber alumni ITN ini.

Bagaimana cara memulai bisnis online untuk anak milenial? Menurut Agus memulainya dengan cara menghilangkan kebiasaan alay, lebay jablay. Gunakan media sosial, internet dengan bijak, bukan hanya untuk bikin status dan nampang sana-sini.


“Uang orang tua adalah uang anak, tapi uang anak nggak harus jadi uang orang tua. Nah gimana cara carinya? Mulailah dengan bisnis online jangan takut, mulailah dengan planning, atur progres dan mulai lihat result dari internet. Karena kalau orang sudah tua kayak saya sukses sudah biasa, lumrah. Tapi kalau ini kalian yang sukses di usia muda, ya luar biasa,” ungkapnya.

Selama sesi berlangsung, Agus menerangkan materinya dengan gaya jenaka dan santai. Materinya pun ringan dan mudah dicerna oleh pelajar. Ketua Pelaksana Open House ITN, Mohammad Reza ST.,MURP. mengatakan, bahwa talkshow ini sendiri memang bertujuan untuk mentransfer knowladge dan experience kepada pelajar.

“Agar mereka belajar dari pengalaman pemateri bagaimana menggunakan teknologi untuk dimanfaarkam ke arah yang positif. Karena ketika menghasilkan karya itu merupakan nilai tambah untuk mereka. Di sinilah mereka diajarkan bagaimana memulai dan strategi marketingnya,” papar dia.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Rida Ayu