ITN Berkolaborasi dengan Thailand dan India Lakukan Penelitian

MALANG KOTA – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang patut berbangga. Pasalnya, Dr. Eng. Ir. I. Made Wartama, MT, Wakil Rektor III Bidang Akademik ITN ini menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam kolaborasi penelitian dengan Thailand dan India.

“Ya, ini kesempatan emas untuk memperkenalkan ITN supaya go international,” ujarnya saat ditemui di kantornya, ITN Malang, Rabu sore (5/9).

Awalnya, pria kelahiran Denpasar, 3 Mei 1961 ini tak menyangka. Mengingat untuk daftar saja hanya karena diajak oleh teman.

Beruntung, Made menjadi perwakilan Asean bersama Asian Institute of Technology (AIT) Thailand juga PSG College of Technology Coimbatore, India.

Sementara judul dari penelitian, yakni “Design and Development of Smart Grid Test Bed for Experimental Verification of Synchrophasor Based Algorithms for Wide Area Monitoring, Protection and Control (WAMPAC) for Power Grids with Large Penetration of Renewable Energy Resources,”.



Menurutnya, penelitian ini akan di lakukan selama 3 tahun ke depan. Dengan sistem berkunjung secara bergantian ke tiga universitas tersebut. Selain meninjau langsung, juga sebagai sharing fasilitas yang dibutuhkan.

“Karena kemarin India, Oktober nanti mereka akan gantian ke sini (ITN). Kita juga akan libatkan mahasiswa dalam penelitian,” ungkapnya.

Sehingga, kolaborasi ini juga akan membawa nama ITN. Termasuk mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa untuk go international. Karena menurutnya, teknik elektro punya banyak potensi yang sangat bisa dikembangkan.

Diketahui, sebelumnya Made juga tekah berkunjung ke PSG College of Technology Coimbatore, India pada 14 Agustus lalu selama 21 hari. Beragam aktivitas di lakukannya. Mulai dari orientasi, sharing hingga presentasi.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: ITN Malang