Istimewa, Unmer Malang Masuk 8 Kampus PTS Terbaik Se-Indonesia

MALANG KOTA – Diam-diam Universitas Merdeka (Unmer) Malang menyimpan segudang prestasi. Sepanjang 2017 lalu, salah satu perguruan tinggi (PT) tertua di Malang Raya itu mendulang sebanyak 50 prestasi. Hal itu terungkap dalam diskusi antara Rektorat Unmer Malang dengan Jawa Pos Radar Malang, kemarin (19/3).

”Kami ini (Unmer Malang, Red) masuk peringkat 8 terbaik untuk kategori PTS se-Indonesia,” ujar Rektor Unmer Malang Prof Dr Anwar Sanusi SE MSi dalam sambutannya di hadapan Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad.

Selain Kurniawan, dari Jawa Pos Radar Malang juga hadir General Manager (GM) Don Virgo; Pemimpin Redaksi (Pemred) Abdul Muntholib; Manager Event, Iklan, dan Pengembangan Bisnis M. Atho’illah; dan Penanggung Jawab Radar Malang Online Kholid Amrullah.

Sementara dari pihak tuan rumah, Prof Sanusi didampingi Wakil Rektor (Warek) III Sunarjo SH MHum, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Dr H Sukardi MSi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) DR Rudy Wahyono SE MSi, Dekan Fakultas Hukum DR H Setyono SH MH, Ketua Program (Kaprog) Diploma Kepariwisataan DR Sunardi SE MM, dan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Pindo Tutukom ST MT PhD, serta Kepala Humas Ana Mariani SSos MSi.

Sanusi bersyukur karena kampus yang dipimpinnya berhasil menduduki peringkat ke-8 terbaik. Padahal ada 2.940 PTS di Indonesia. Sedangkan untuk kategori PTS dan PTN (perguruan tinggi negeri), Unmer Malang menduduki peringkat 44. ”Universitas Trisakti dan Bina Nusantara (Binus) kalah dengan kami,” tambah guru besar (gubes) di bidang ekonomi tersebut. Untuk PTS se-Jawa Timur, Unmer menempati peringkat keempat, dan di Malang Raya peringkat kedua terbaik.

Menurut dia, ada beberapa komponen kriteria yang mendongkrak peringkat Unmer Malang dibanding tahun sebelumnya. Di antaranya, manajemen kelembagaan, prestasi mahasiswa, riset para dosen, serta kualitas sumber daya manusia Unmer juga meningkat. ”Kemenristekdikti juga melihat jumlah doktor, profesor, dan karyawan,” kata pria 56 tahun itu.

Setelah Sanusi memaparkan prestasi Unmer, para dekan juga menyampaikan program keunggulan fakultasnya. Dekan FISIP Dr H Sukardi MSi misalnya, menyatakan ada program beasiswa bagi siswa berprestasi. ”Bagi mahasiswa kurang mampu tapi berprestasi, kami gratiskan semua biaya,” katanya.

Selain itu, program beasiswa juga berlaku untuk mahasiswa yang hafal Alquran. ”Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Unmer Malang punya program beasiswa seperti ini,” kata Sukardi.

Sementara Ketua Program (Kaprog) Diploma Kepariwisataan DR Sunardi SE MM menceritakan program pengembangan pariwisata di Unmer Malang. ”Kami membantu masyarakat desa dengan terlibat aktif di program pemerintah seperti BUMDes Mart,” ujarnya.

Usai mendengar keberhasilan Unmer Malang, Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad memuji kinerja rektor dan para dekan. Dia berkomitmen akan memberitakan program-program menarik yang menjadi kebutuhan masyarakat.
Kum –panggilan akrab Kurniawan Muhammad– mengaku sudah mencatat beberapa kegiatan Unmer yang menarik. ”UKM (unit kegiatan mahasiswa) menembak itu menarik. Juga ada lomba peradilan semu,” kata pria asal Jombang itu. (nr2/c1/dan)