Israel Hentikan Pasokan BBM Ke Gaza | JawaPos.com

Israel Hentikan Pasokan BBM Ke Gaza | JawaPos.com

JawaPos.com – Pemerintah Israel menghentikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan gas ke Jalur Gaza. Hal ini diputuskan oleh Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman pada Kamis, (2/8), sebagai respon serangan layangan molotov.

Langkah ini jelas menambah masalah yang sejak lama terimbas pemutusan aliran listrik. Apalagi, Liebermen telah menghentikan pasokan BBM hingga pemberitahuan berikutnya.

“Keputusan ini kami ambil karena teror berkelanjutkan akibat balon dan layang-layang molotov serta kekerasan di sepanjang pagar perbatasan,” ujar Lieberman dilansir AFP.

Warga Palestina sering bentrok dengan tentara Israel (Reuters)

Empat bulan terakhir setiap Jumat, warga Jalur Gaza rutin menggelar aksi protes. Aksi tersebut mulai melunak tetapi warga Gaza bertekat terus melakukan unjuk rasa.

Setidaknya 155 warga Palestina tewas dalam unjuk rasa ini. Bukan hanya itu, unjuk rasa juga sempat menewaskan 1 orang tentara Israel.

Akibat aksi protes ini, sebanyak 155 warga Palestina dan satu tentara Israel tewas. Israel juga mengalami kerugian, sebab tanah pertanian dan hutannya terbakar akibat serangan layang-layang dan balon yang membawa bom molotov.

Balon dan layang-layang itu diterbangkan dari Gaza dan saat mendarat di wilayah Israel, bahan-bahan mudah terbakar yang dibawanya langsung menghanguskan ladang atau hutan.

(iml/JPC)