Isi Air Dalam Tumblr, Khofifah Himbau Emak-emak Kurangi Penggunaan Plastik

KOTA MALANG – Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana tahun 2019 berlangsung hari ini (30/4) di Lapangan Rampal Malang. Acara ini dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan dihadiri ribuan orang, terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Jatim dan juga mahasiswa PTN/PTS serta beberapa difabel.

Dalam sambutannya, Khofifah menghimbau agar masyarakat terutama emak-emak untuk mengurangi penggunaan plastik. Ia juga menghimbau agar masyarakat menghentikan penggunaan plastik sekali pakai.

“Hari ini kita sama-sama deklarasi bersama untuk menekan seluruh penggunaan plastik. Ini terutama ibu-ibu ya, kalau belanja di pasar usahakan kalau memang pakai kresek, besok kreseknya dipakai lagi, dan begitu seterusnya,” himbau mantan Menteri Sosial RI ini.

Untuk menandai deklarasinya, Khofifah bersama dengan jajaran BNPB dan BPBD serta Wali Kota Malang mengisi air ke dalam botol tumblr. Diantara yang berada disamping Khofifah antara lain Wali Kota Malang, Sutiaji, dan Kepala BNPB, Doni Monardo.

Setalah mengisi air, Khofifah beserta yang lain menegak air yang ada di dalam botol. MC menjelaskan bahwa minum air dalam tumblr merupakan tanda deklarasi mengajak masyarakat untuk beralih ke penggunaan barang-barang reuseable.

Lebih lanjut Khofifah mengucapkan terima kasih kepada para BNPB, BPBD, dan relawan masyarakat. “Mari kita satukan tekad dan komitmen untuk menjaga negeri kita. Save our earth, kurangi sampah plastik. Agar tidak terjadi bencana yang diakibatkan ulah manusia itu sendiri,” pungkasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan simulasi tanggap bencana yang dilakukan BPBD se-Jawa Timur, Dinas kesehatan, hingga ribuan mahasiswa yang memerankan korban bencana. Puluhan ambulans dan mobil BPBD ramai menyuarakan sirine darurat mereka. Acara pun berlangsung super tegang.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia